Negara Minoritas Muslim Masuk Peringkat Teratas Indeks Islamitas 

gomuslim.co.id - Temuan terbaru dari Indeks Islamitas pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Malaysia, meskipun merupakan negara mayoritas Muslim, berada di peringkat ke-47 dunia. Sedangkan yang teratas adalah negara-negara non-Muslim yakni Selandia Baru sebagai creme de la creme yang diikuti oleh Swedia, Belanda dan Islandia.

Indeks Islamitas sendiri merupakan indikator yang mengukur seberapa negara Islam dalam tata pemerintahan dan praktik ekonominya diterapkan sebagaimana menurut Alquran dan Hadits.

Penelitian ini terutama dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah negara-negara 'Islam' (negara-negara dengan populasi Muslim yang besar) benar-benar menginternalisasi prinsip-prinsip Alquran tentang pemerintahan, ekonomi, hak asasi manusia dan politik, dan hubungan internasional. Sayangnya, laporan itu menemukan bahwa mereka (red-negara muslim) tidak.

Sebagai perbandingan, Selandia Baru, dengan Muslim yang terdiri hanya sekitar satu persen dari populasi umum memiliki skor indeks keseluruhan tertinggi 9,2 dari 10, dengan praktik ekonomi yang mencerminkan prinsip-prinsip Alquran yang memiliki skor 9, skor hak asasi manusia dan politik di 9,29 dan hukum dan pemerintahan di 9,58.

 

Baca juga:

Malaysia Selesaikan Regulasi untuk Bank Digital Berbasis Islam

 

Direktur Pendiri Asosiasi Studi Quran Internasional (IQSA) di AS sekaligus Direktur Program Studi Timur Tengah di University of Houston, Emran El-Badawi mengungkapkan, dalam merekonsiliasi temuan yang agak kontradiktif ini, ia menilai, bahwa ini disebabkan oleh komitmen kebebasan liberal dan komitmen. Legalitarianisme yang kuat tertanam dalam dinamika pemerintahan negara-negara Barat, yang sejalan dengan tema sentral Alquran, keadilan.

Sedangkan, untuk negara Islam dengan peringkat tertinggi dalam indeks ini adalah Uni Emirat Arab yang berada pada peringkat ke-45, dengan skor indeks keseluruhan 6,18. Sedangkan, Indonesia, negara mayoritas Muslim terbesar di dunia mencetak skor indeks keseluruhan 5,05 di 64.

Sementara itu Arab Saudi, secara historis dipandang sebagai pemimpin dunia Islam, berada di urutan ke-85 dengan skor indeks keseluruhan 4,42, skor 3,63 pada hak asasi manusia dan politiknya, dan 4,96 pada hukum dan pemerintahannya.

Yaman, sebuah negara Arab di ujung selatan Semenanjung Arab yang memiliki 98% populasi yang mempraktikkan agama ini, adalah yang terburuk dengan skor indeks keseluruhan 0,97, diikuti oleh Sudan dengan skor indeks keseluruhan 1,25. (mga/MalaysiaKini)

 

Baca juga:

Bantu UKM, Alliance Islamic Bank Luncurkan Program Halal-In-One


Back to Top