Sisters Youth Club Jadi Wadah Gadis Muslim di Calgary Kanada

gomuslim.co.id – Memasuki fase remaja bagi sejumlah umat muslim yang tinggal di Barat menjadi tahun tersulit. Pasalnya, mereka harus menghadapi tantangan dan berjuang untuk mencapai keseimbangan antara ajaran agama dan komunitas. Fase tersebut juga merupakan tahun-tahun di mana seorang panutan memainkan peran besar dalam membentuk kepribadian dan karakter remaja.

Untuk itu, guna menyediakan ruang yang aman bagi kaum muda Muslim, sebuah pusat pemuda Muslim Calgary Kanada membuka Sisters Youth Club. Ini menjadi wadah bagi anak perempuan berusia 7 hingga 12 tahun untuk melakukan pertemuan setiap hari Jumat.

Klub baru ini memungkinkan gadis-gadis muda Muslim untuk terhubung dengan tokoh panutan yang lebih tua, serta bekerja untuk menumbuhkan rasa memiliki. "Tempat ini dan semua mentor membuat saya merasa seperti bagian dari segalanya, bagian dari Kanada, bagian dari komunitas itu sendiri," ujar salah satu gadis muslim, Fatimah Braimoh (11) seperti dilansir dari publikasi About Islam, Rabu (12/02/2020).

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Kanada Peringati Tragedi Masjid Quebec

 

Program ini diselenggarakan oleh Asosiasi Muslim Kanada di Pusat Al-Salam dan berfungsi sebagai sistem pendukung bagi remaja Muslim sekaligus tempat untuk menjalin pertemanan baru.

"Saya pikir senang mengetahui bahwa Anda dapat berpaling kepada seseorang, meskipun ada banyak hal keras yang terjadi di dunia melawan kami. Sangat menyenangkan mengetahui bahwa orang-orang menjalaninya bersama Anda dan Anda tidak sendirian melakukannya. Dan sangat menyenangkan mengetahui bahwa saya dapat belajar pada saat yang sama serta mendapatkan teman baru,” kata Fatimah.

Berdasarkan Survei Rumah Tangga Nasional Kanada tahun 2011, jumlah pemeluk Islam mencapai 3,2% dari total populasi penduduk. Data tersebut menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di Kanada setelah Kristen. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

Ini Cara Mahasiswa Muslim Kanada Perangi Islamophobia


Back to Top