Kepala Sekolah Islam Inggris Bersumpah Bantu Anak Buruh Kulit Putih

gomuslim.co.id - Selama bertahun-tahun, sekolah-sekolah Islam independen di Inggris telah mempertahankan kinerja terbaik. Hasilnya, sekolah-sekolah agama berhasil mencatatkan rekor cemerlang sebagai lembaga pendidikan yang sukses, berprestasi dan menginspirasi di Negeri Ratu Ellizabeth.

Awal bulan ini, Sekolah Menengah Tauheedul Islam Girls (TIGHS) di Blackburn menduduki peringkat sebagai salah satu sekolah terbaik di Inggris. TIGHS dan dua sekolah Islam berkinerja terbaik lainnya yang dijalankan oleh Star Academy, terletak di dalam kota yang didominasi oleh etnis minoritas.

Sebaliknya, siswa kelas pekerja kulit putih berjuang dalam pendidikan secara nasional. Sebuah analisis pemerintah tentang peningkatan murid di Inggris yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan mereka tertinggal jauh di belakang sekolah lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kepala Eksekutif Star Academy, Hamid Patel, bersumpah untuk mengalihkan perhatiannya ke daerah-daerah pesisir pantai yang kurang berkembang. Dia bertekad untuk membantu pengembangan sekolah lain yang sebagian besar diisi anak-anak kulit putih dari kelas buruh.

"Tidak ada keraguan bahwa anak kulit putih memiliki kelebihan. Anda hanya perlu melihat statistik tentang pekerjaan, upah rata-rata, sistem penjara, dan bahkan harapan hidup,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi The Times, Kamis (13/02/2020).

Hal itu, kata dia, menggarisbawahi seberapa parah masalahnya dengan anak laki-laki kelas pekerja kulit putih. “Meskipun memiliki kelebihan yang melekat, mereka melakukannya dengan sangat buruk. Hanya satu dari tujuh anak laki-laki kulit putih kelas pekerja yang akan lulus GCSE dalam bahasa Inggris dan matematika. Itu adalah aib nasional," tuturnya.

 

Baca juga:

Sekolah Islam Ini Duduki Peringkat Teratas Rangking Pendidikan Bahasa di Inggris

 

Adapun portofolio Star Academy yang membawahi Sekolah Tauheedul Islam Girls di Blackburn, Sekolah Eden Boys di Birmingham dan Sekolah Eden Girls di Coventry, memiliki skor kemajuan murid tertinggi di Inggris.

Data pemerintah yang dianalisis oleh The Times menunjukkan bahwa sekolah di sekitar pesisir termasuk yang terburuk dalam membantu siswa berkembang.

Cerita sukses

Pada bulan April 2019, Sekolah Tinggi Islam Manchester untuk anak perempuan dinilai luar biasa untuk tahun ketiga berturut-turut dalam laporan Ofsted terbarunya yang bersinar.

Juga pada 2019, pada November, delapan sekolah agama Islam diakui diantara 20 sekolah teratas di Inggris untuk kemajuan akademik pada 2019, dalam tabel liga GCSE yang diterbitkan untuk 2019.

Menurut Asosiasi Sekolah Muslim, Inggris memiliki berbagai jenis sekolah. Madrasah adalah sekolah agama yang melekat pada masjid. Sementara sekolah-sekolah Muslim full time tidak hanya berfokus pada pembacaan Alquran Suci. (hmz/thetimes)

 

Baca juga:

Masya Allah, Tiga Sekolah Muslim di Inggris Ini Terima Predikat Sekolah Terbaik


Back to Top