Peringati Hari Kanker Anak Sedunia, Saudi Kampanye Sadar Kanker Lewat Mural

gomuslim.co.id – Bertepatan dengan Hari Kanker Anak Sedunia, Kota Provinsi Bagian Timur bekerja sama dengan Saudi Cancer Society meluncurkan mural kesadaran untuk mendukung pasien kanker di Tepi Pantai Alkhobar, Sabtu (15/2/2020).

Diluncurkan di bawah perlindungan Gubernur Provinsi Timur -  Pangeran Saud bin Naif bin Abdul Aziz, inisiatif tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker melalui seni lewat slogan "Dengan Seni Kita Memerangi Kanker."

 

Baca juga:

Minimalisir Obesitas Umat Muslim, Saudi Kampanye Jalan 8000 Langkah

 

Sekitar 15 seniman berpartisipasi dengan karya seni edukasi tentang kanker selama lima hari, dengan partisipasi pasien, pejabat, dan tokoh sosial.

Wakil Walikota di Kotamadya, Ziyad Mugharbel mengatakan inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pasien kanker dan mendidik individu tentang penyakit dan pentingnya deteksi dini. 

Untuk diketahui, Hari Kanker Sedunia dirayakan setiap 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020.

Hari Kanker Sedunia menyasar informasi yang salah, meningkatkan kesadaran, dan mengurangi stigma. Berbagai inisiatif yang dijalankan pada Hari Kanker Sedunia untuk menunjukkan dukungan kepada orang-orang yang menderita kanker.

Salah satu gerakan yang dimaksud adalah #NoHairSelfie, sebuah gerakan dimana partisipan mencukur rambut di kepala untuk menunjukkan simbol keberanian bagi pasien kanker yang sedang dalam proses pengobatan. Foto partisipan dibagikan melalui media sosial. Beberapa kegiatan di tingkat lokal juga dibuat untuk mendukung gerakan ini. (mga/ArabNews/dbs)

 

Baca juga:

Kisah Gadis Kecil Pengidap Kanker yang Sangat Sabar Hadapi Ujian Hidup


Back to Top