Ini Kata Sekjen PBB terkait Fenomena Islamofobia di Seluruh Dunia

gomuslim.co.id – Sekretaris Jendaral (Sekjen) PBB – Antonio Guterres menyampaikan keprihatinan atas meningkatnya Islamofobia di dunia. Ia menyebut bahwa tingginya islamofobia sudah tidak dapat ditoleransi lagi.

“Kita melihat hari ini bahwa imigran atau pengungsi kadang-kadang diserang oleh politisi populis atau pembenci agama lainnya. Bagi saya, ini sangat jelas bahwa kita perlu memerangi Islamofobia dengan sangat kuat,” ujar Guterres saat menggelar konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Pakistan – Shah Mahmood Qureshi di Ibukota Islamabad beberapa waktu lalu seperti dilansir dari publikasi Anadolu Agency, Rabu (19/02/2020).

 

Baca juga:

Tangani Islamophobia di Eropa, Turki Pilih Jalan Diplomatik

 

Guterres menilai, ujaran kebencian adalah salah satu instrumen paling penting dari islamofobia. Maka dari itu, PBB baru-baru ini meluncurkan inisiatif untuk meredam segala macam ujaran kebencian.

Merujuk pula pada inisiatif yang dilakukan oleh Turki, Pakistan dan Malaysia untuk melawan Islamofobia, Kepala PBB pun mengungkapkan bahwa PBB akan turut serta melakukan hal yang sama.

“Kami sepenuhnya berkomitmen dalam tindakan kami diseluruh dunia untuk memerangi semua bentuk populisme yang mencoba menggunakan islamofobia dan bentuk kebencian lainnya sebagai alat untuk memenangkan suara yang sama sekali tidak dapat diterima,” jelas Guterres.

“Ada kebutuhan untuk menjaga harmoni diantara agama-agama. Dan saya percaya bahwa kunjungan saya ke koridor Kartarpur besok akan menjadi simbol dari dialog, debat dan toleransi itu,” pungkas Guterres.(mga/AnadoluAgency)

 

Baca juga:

Bulan Depan, Muslim Amerika Gelar Konferensi Melawan Islamofobia


Back to Top