Inovasi Layanan Umrah, AMPHURI Kenalkan Program Aisyah

gomuslim.co.id - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) melalui unit usahanya Koperasi Amphuri Bangkit Melayani (ABM) memperkenalkan Aisyah Ekosistem Digital. Sebuah ekosistem dari multiplatform digital yang terintegrasi satu sama lain. Kehadiran Aisyah (Amphuri Information System Syariah) sendiri merupakan inovasi pelayanan bisnis perjalanan umrah yang diperkenalkan AMPHURI ke publik sejak Juni 2019 lalu.

“Dulu kami pernah bermimpi suatu saat nanti bisa mengembangkan sekaligus mengelola sendiri sebuah platform di bidang umrah haji berbasis syariah. Kini, mimpi adanya platform yang dimiliki dan dikelola oleh pelaku industri travel umrah haji itu jadi kenyataan, bahkan bukan sekedar platform, tapi ekosistem digital pertama di Indonesia,” kata Ketua Koperasi ABM, Amaluddin Wahab saat acara Pre Launching Aisyah Ekosistem Digital di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

 

Baca juga:

Amphuri Dukung Kemenag Cabut Izin PPIU Tak Bersertifikat

 

Sebelumnya, Koperasi ABM telah sukses merilis platform pertama, yaitu B2B yang berfungsi sebagai ruang dagang bagi supplier yang menjual produk dan jasa yang dipesan oleh agen. Koperasi ABM kembali memperkenalkan platform generasi kedua yakni Business-to-Costumer (B2C) bagi calon jamaah sebagai ruang dagang paket umrah yang ditawarkan oleh Agen.

Lebih lanjut, Amal memaparkan setidaknya ada lima keunggulan bagi mitra bisnis Aisyah. Di antaranya, bagi Pemerintah, Aisyah memastikan implementasi Peraturan Pemerintah Indonesia dan Saudi secara digital. Kemudian bagi Agen, Aisyah membantu pengadaan produk dan jasa secara real-time, langsung ke mitra bisnis terpercaya di Indonesia dan di Saudi.

Keunggulan ke tiga, yakni supplier, Aisyah membantu penjualan produk dan jasa langsung atau ke hampir 500 agen resmi berlisensi PPIU anggota AMPHURI beserta jaringannya. Berikutnya dari sisi perbankan, Aisyah membantu meminimalisasi risiko berupa transaksi non-tunai untuk nasabah korporasi dan individual, secara aman, syariah dan amanah. Terakhir, bagi jamaah, Aisyah akan memberikan jaminan kepastian keberangkatan jauh hari.

Harus diakui, kata Amal, saat ini sudah banyak marketplace B2C yang menawarkan layanan umrah haji secara online. Tapi, Aisyah mempunyai empat faktor pembeda, diantaranya; Pertama, akan ada lebih dari 400 Agen resmi. Dalam hal ini, Aisyah didukung anggota AMPHURI, agen tepercaya, tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga calon jamaah dapat memilih agen sesuai keinginan.

Kedua, akan ada lebih dari 1.000 Paket siap berangkat. Aisyah akan menyiapkan paket series selama musim umrah. Aplikasi ini, kata Amal, dapat mencari tanggal dan kota keberangkatan, durasi perjalanan, pesawat, hotel, harga, tipe layanan, dan lain-lain. “Sehingga calon jamaah dapat merencanakan umrah jauh sebelum hari keberangkatan,” kata Amal.

Ketiga, akan tersedia lebih dari 10 pembayaran online berbasis syariah. Dalam hal ini, Aisyah bermitra dengan beberapa perbankan syariah dan perusahaan fintek syariah yang dipantau oleh OJK. “Artinya, calon jamaah dapat bertransaksi dengan nyaman dan halal,” ujarnya.

 

Baca juga:

AMPHURI Jelaskan Soal Kenaikan Harga E-Visa Umrah

 

Keempat, Aisyah akan menyediakan tiga standar layanan jamaah di setiap paket yang dijual agen, diantaranya; Aisyah Premiere, Regular, dan Ekonomi. “Dengan demikian, calon jamaah dapat mengelola ekspektasi layanan yang dibeli,” jelas Amal.

Pada tahun 2020 ini, Aisyah akan menyelenggarakan dua kegiatan publik untuk membangun branding Aisyah yakni kegiatan soft launch yang dijadwalkan pada April mendatang. “Aisyah akan meluncurkan aplikasi web dan mobile B2C versi Beta,” kata Ketua Panitia Pre Launching Aisyah Ekosistem Digital, Budi Firmansyah

Sedangkan untuk grand launch-nya, kata Budi, pihaknya merencanakan pada Agustus mendatang. “Aisyah akan meluncurkan aplikasi web dan mobile B2C versi Komersial,” jelasnya. (Mr/rls)


Back to Top