Begini Cara Simpel Singapura Cegah Virus Corona di Tempat Ibadah

gomuslim.co.id – Singapura memiliki cara sederhana untuk mencegah penularan virus corona atau yang kini lebih dikenal dengan Covid-19, khususnya di tempat ibadah.

Menteri Urusan Islam Singapura, Masagos Zulkifli mengimbau kepada para jamaah masjid untuk membawa dan menggunakan sajadah pribadi saat hendak beribadah di masjid. Ia juga mengimbau kepada para jamaah untuk menghindari berjabat tangan guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 tersebut.

Langkah-langkah ini diambil untuk melindungi jamaah dari virus Corona namun tetap membiarkan mereka melakukan kewajiban agama. "Dalam situasi seperti ini, kita tidak akan berjabat tangan. Tetapi jika Anda melakukannya, cuci tangan Anda, dan pastikan Anda tidak menyentuh wajah Anda. Ini hanya tindakan pencegahan bagi banyak dari kita yang selalu melupakan itu,” katanya seperti dilansir dari publikasi Straits Times, Rabu (26/2/2020).

 

Baca juga:

Jubir Pemerintah Xinjiang Sebut Penyebaran Corona Bukan Dari Kampung Muslim Uighur

 

Zulkifli menegaskan, cara tersebut adalah rencana yang telah digariskan oleh Mufti Singapura yang merupakan otoritas Islam tertinggi di Singapura. Rencana tersebut juga tertuang dalam Piagam Pedoman Agama yang diafirmasi oleh Dewan Agama Islam Singapura (MUIS). 

Menurutnya, langkah-langkah baru di Singapura menjadi perlu dengan beberapa rumah ibadah yang memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati di tengah merebaknya virus ini.

Selain itu, Gereja Grace Assembly of God Singapura juga menutup semua kegiatan dan layanannya selama dua minggu setelah dua anggota stafnya terjangkit virus corona.

Di Malaysia, Masjid Putra dan Masjid Wilayah Federal ditutup sementara untuk para wisatawan karena keprihatinan atas wabah coronavirus yang baru. Namun, masjid akan tetap terbuka hanya untuk umat Islam untuk melakukan salat.

Diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyebut virus Corona menjadi musuh tingkat pertama manusia dan meminta negara-negara untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memerangi virus tersebut. (mga/straitstimes/iqna)

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Singapura Galang Dana Bantu Korban Virus Corona


Back to Top