Resmi Dibuka, IHEX 2020 Angkat Tema Wujudkan SDM Kesehatan Bersyariah

gomuslim.co.id – International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) 2020 resmi digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan. Pagelaran IHEX akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 27 hingga 29 Febuari 2020. Tahun ini, IHEX mengangkat terma “Mewujudkan SDM Kesehatan Unggul dalam Mendukung Era Baru Pelayanan Kesehatan Bersyariah”.

Ketua Panitia IHEX 2020, dr. Burhanuddin Hamid Darmadji, MARS mengatakan, perkembangan halal lifestyle saat ini menjadi indikator kuatnya pertumbuhan masyarakat akan produk dan jasa halal. Karena itu, halal healthcare dianggap mampu mendukung kebutuhan masyarakat dengan adanya penetapan Rumah Sakit Syariah di Indonesia.

“Kebutuhan masyarakat itu akan memberikan peluang, tantangan dan potensi besar bagi dunia perumahsakitan dan usaha penyerta lainnya di bidang kesehatan Indonesia untuk memberikan konsep syar’i,” ujar Burhanuddin Hamid kepada gomuslim dalam konfrensi pers pembukaan IHEX di JCC, Kamis (27/02/2020).

Ia menambahkan, agenda IHEX 2020 merupakan yang ketiga kalinya terselenggara dengan di inisiasi oleh Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI). Pagelaran ini, menurutnya, menjadi ajang bertemunya semua kalangan.

“Pagelaran IHEX ini juga sebagai ladang silaturahmi untuk semua kalangan termasuk praktisi, pebisnis, peneliti, akademisi dan semua stakeholder terkait yang bertujuan untuk mendesiminasikan, mendiskusikan serta mengenalkan produk dan hasa halal di bidang kesehatan,” ungkapnya.

 

Baca juga:

Angkat Tema SDM, MUKISI Siap Gelar Konferensi Expo Internasional Kesehatan Islam 2020

 

Sementara itu, Ketua Umum MUKISI, dr. Masyhudi AM, M.Kes menuturkan, pagelaran IHEX merupakan kelanjutan agenda dakwah MUKISI dalam pengembangan Halal di Indonesia terutama di bidang kesehatan Islam yang tersebar di seantero Nusantara.

“Atas perkenan Allah SWT dan dengan berharap Ridho-Nya juga kita berikhtiar mensukseskan pagelaran ini, IHEX merupakan upaya dakwah penyebaran halal di Indonesia. Dan ini sudah pelaksanaan yang ke-3 kalinya. Tujuannya adalah, untuk terus mendorong RS yang ada di Indonesia agar peduli akan kesehatan halal,” tegasnya.

Ia berharap kepada seluruh RS di Indonesia untuk peduli dan segera mendaftarkan diri menjadi bagian dari RS Syariah Indonesia, yang juga mendukung program pemerintah dalam pengembangan Halal.

“Kami terus berupaya mewujudkan SDM Kesehatan yang unggul dalam pelayanan kesehatan bersyariah serta upaya konsolidasi dan kolaborasi potensi umat. Kami berharap akan ada 2.000 lebih RS di Indonesia yang mendukung Halal,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada pagelaran IHEX 2020 yang mengangkat isu fundamental dalam membangun peradaban yaitu tentang sumber daya manusia itu mengemas dalam delapan agenda program yaitu, Seminar Internasional RS Syariah, Workshop RS Syariah, Pameran Islamic Healthcare dan Halal produk, Pertemuan Tahunan Indonesia Islamic Medical Association (IIMA), Rapat Kerja Nasional MUKISI, Free Paper, MUKISI Award, dan Healthcare job Fair. (hmz)

 

Baca juga:

MUKISI Targetkan Seluruh RS di Indonesia Berstatus Syariah


Back to Top