DKM Masjid El Syifa: Rasulullah Pun Pernah Alami Gagal Ibadah Umrah

gomuslim.co.id – Geger pembatalan keberangkatan calon jamaah umrah asal Indonesia saat ini dikarenakan Pemerintah Arab Saudi takut akan penyebaran virus Covid-19 alias virus corona. Kondisi tersebut membuat seluruh jemaah sedih.

Sekretaris DKM Masjid El Syifa Ciganjur, Ustadz Hadi Saifullah mengungkapkan, kebatalan umrah juga pernah dirasakan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena itu, ia meminta jemaah untuk tidak larut dalam kesedihan. "Nabi Muhammad pernah gagal umrah, ketika kaum kafir Quraisy melarang Nabi masuk ke Makkah," katanya pada Jumat (28/2/2020).

Peristiwa tersebut, kata Hadi, terjadi sekitar tahun ke-6 Hijriyah. Saat itu Nabi Muhammad dan para sahabatnya melakukan perjanjian dengan kaum Quraisy, yakni agar Nabi dan para pengikutnya dapat memasuki Makkah dan berziarah ke Kakbah.

 

Baca juga:

Kebijakan Larangan Umrah Karena Corona, Jemaah di Makkah Masih Bisa Laksanakan Ibadah 

 

"Hingga kemudian terjadi yang namanya perjanjian Hudaibiyah, antara Nabi dengan kaum kafir di Makkah, dimana salah satu poinnya adalah melarang kaum muslimin datang ke Makkah," tuturnya.

Setelah perjanjian tersebut dilakukan, akhirnya Nabi Muhammad dan para pengikutnya kembali pulang. Mereka tak bisa umrah. Setelah satu tahun berlalu dan perjanjian itu pun usai, Nabi Muhammad, para sahabat serta umatnya kembali ke Makkah untuk berziarah dan umrah.

Kemudian Rasulullah meminta para pengikutnya untuk melaksanakan ibadah umrah, atau disebut Umratul Qadha artinya umrah pengganti dimana sebelumnya sempat tertunda karena perbuatan kaum kafir Quraisy. (hmz/okezone)

 

Baca juga:

Pastikan Keselamatan Jemaah Umrah, Lantai Masjidil Haram Disterilkan Empat Kali Sehari


Back to Top