Muhammadiyah Siagakan 15 Rumah Sakit Tangani Corona

gomuslim.co.id – Muhammadiyah turut berperan dalam menangani maraknya virus corona atau covid-19 yang saat ini telah menjangkit sejumlah masyarakat Indonesia. Untuk itu, Muhammadiyah menyiapkan 15 rumah sakit untuk menangani pasien corona.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyatakan, ke-15 rumah sakit PKU Muhammadiyah tersebut pun telah siap untuk menangani pasien positif virus corona covid-19. Beberapa rumah sakit itu di antaranya ada di Solo dan Yogyakarta.

"Kami siap membantu tangani Corona, kami punya 15 (rumah sakit) di beberapa kota besar," ujar Haedar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) kemarin.

 

Baca juga:

Arab Saudi Siapkan 1.400 Ruang Isolasi untuk Hentikan Penularan Virus

 

Haedar menyebutkan bahwa pihaknya juga telah melakukan simulasi langsung penanganan pasien yang positif virus corona di rumah sakit tersebut. "Bahkan RS PKU di Solo, di mana cucu presiden dua-duanya lahir di sana, sudah dilakukan simulasi dan Insya Allah akreditasi sudah internasional. Kami siap,” tegasnya.

Haedar pun mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa tenang dan tidak panik terhadap penyebaran virus corona meskipun dua WNI asal Depok, Jawa Barat, positif terinfesi virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap mengandalkan pihak medis jika mengalami gejala yang mirip virus corona. "Yang penting masyarakat tidak panik dan tetap andalkan usaha yang sifatnya medis. Infrastruktur rumah sakit juga harus siaga semua dan tentu kita sambil terus ikhtiar dan berdoa," pungkasnya. (mga/Muhammadiyah)

 

Baca juga:

Cegah Penyebaran Corona, Rumah Zakat Sosialisasikan PHBS di 33 Provinsi


Back to Top