Waspada Corona, Ketua LPPOM MPU Aceh Ajak Masyarakat Indonesia Konsumsi Makanan Halal dan Baik

gomuslim.co.id – Ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, drh. Tgk Fakhrurrazi, MP menghadiri agenda kajian Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di Lambada Kupi, Gampong Pineung, Banda Aceh baru-baru ini. Pada kesempatan tersebut, Fakhrurrazi menyampaikan tentang pencegahan penyebaran Virus Corona. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan halal lagi baik untuk tubuh. 

Menurutnya, fenomena hari ini khususnya di Negara-negara yang penduduknya mayoritas non muslim muncul wabah virus Corona atau Covid 19 yang disebabkan perilaku manusia mengkonsumsi makanan tidak sesuai perintah Allah, yaitu makanan halal dan baik. 

“Allah SWT telah memerintahkan setiap manusia hanya memakan makanan yang halal saja dan baik bagi tubuh. Serta melarang mengikuti langkah setan. Tapi, fenomena hari ini banyak yang tidak mengindahkan perintah Allah SWT sebagaimana terkandung dalam Alquran Surat Al- Baqarah ayat 168. Sehingga terus muncul berbagai macam virus dan penyakit berbahaya, akibat mengonsumsi makanan yang tidak halal,” ujarnya.

 

Baca juga:

Waspada Corona, Tunisia Tunda Layanan Orang yang Ingin Jadi Mualaf

 

Ia menjelaskan, virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Kasus ini banyak ditemukan di Negara-negara yang penduduknya mayoritas non muslim, jumlah yang terjangkit jika dibandingkan dengan Negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim, kata dia, pastinya sangat jauh.

“Sebelum wabah ini muncul, beberapa tahun lalu seluruh dunia juga pernah digegerkan dengan munculnya kasus Flu Burung, Flu Babi, SARS, MERS. Kejadian ini jangan dianggap enteng, sungguh menakutkan, penyebab wabah penyakit ini semua adalah virus,” ujar Tgk Fakhrurrazi, yang juga Dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unsyiah itu.

Dirinya mengungkapkan, virus yang paling ditakuti dalam kehidupan umat manusia, hewan dan tumbuhan adalah virus yang mengandung asam ribon nukleat atau RNA.

“Inilah yang sangat ditakutkan dengan merebaknya virus RNA tersebut. Penyakit manusia yang disebabkan oleh virus RNA ini diantaranya virus Ebola, SARS, Rabies, Pilek, Influenza, Hepatitis B dan C, Polio, Campak dan Corona Virus,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan halal. Terkait makanan halal, artinya adalah tidak mengandung bibit penyakit, tidak mengandung khamar, tidak mengandung najis. Itu disebut dengan makanan halal. Tapi kalau disebut dengan thayyiba, maka makanan itu harus baik, bergizi dan bersih. (hmz/serambi)

 

Baca juga:

Tiru Saudi, Mesir Batasi Ibadah di Masjid Karena Corona


Back to Top