Empat Masjid di Burton Inggris Imbau Jamaah Tak Berpelukan dan Salaman Usai Salat

gomuslim.co.id – Empat masjid di Burton, Inggris mengimbau jamaahnya agar tidak berpelukan atau bersalaman setelah salat. Imbauan tersebut sebagai upaya tindakan pencegahan kepada para jamaah agar tidak terjangkit virus Corona atau COVID-19 yang saat ini tengah mewabah. Keempat masjid tersebut diantaranya Masjid Jamia Hanfia Ghausia, Masjid Makki, Masjid York Street, dan Masjid Jamia Pusat Rizvia di Jalan Uxbridge, Burton.

Ketua Masjid Jamia Hanfia Ghausia di Burton, Shaukat Mahmood mengatakan telah berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan virus Corona tidak menyebar ke masjid. "Masjid telah menegakkan aturan jabat tangan dan tidak berpelukan. Mereka berada dalam budaya Islam atau Asia, tetapi untuk saat ini kami menahan diri dari keduanya," ujar Shaukat seperti dilansir dari pulikasi Derby Telegraph, Senin (16/3/2020).



Baca juga:

Khawatir Corona, Mesir Batalkan Perayaan Isra Mi'raj Tahun Ini


Sementara itu, Pengurus Masjid Makki di Burton, Moulana Rashid Ahmed juga telah megeluarkan imbauan kepada jamaahnya agar terhindar dari virus corona. Menurut dia, Masjid Makki mengimbau jamaahnya yang sakit tidak hadir ke Masjid sampai mereka sembuh. "Kami meminta semua yang hadir di masjid sudah berwudhu. Tolong jangan berjabat tangan atau berpelukan setelah shalat dan segera pergi," ucap Moulana Rashid.

Selanjutnya, Ketua Masjid York Street yang tidak berkenan disebutkan namanya menyarankan kepada seluruh umat Islam di Burton, khususnya yang tidak sehat atau memiliki gejala virus corona untuk melaksanakan shalat di rumah saja. "Anda tidak perlu harus shalat di masjid, jadi jika Anda merasa tidak sehat, yang terbaik adalah shalat di rumah. Kami memiliki lebih dari 500 orang di masjid pada shalat Jumat dan pintu kami terbuka untuk semua orang," jelasnya.

Berbeda dengan masjid lainnya, pengurus Masjid Jamia Pusat Rizvia, di Jalan Uxbridge, Burton menyampaikan imbauannya lewat halaman Facebook masjid. Dalam postingan di halaman Facebook Masjid Jamia, Imam Attiq Hussain Qadri juga mengimbau  jamaahnya yang menderita virus corona melaksanakan shalat di rumah saja.

"Jika Anda menderita virus corona, tolong jangan menghadiri shalat. Anda dapat shalat shalat di rumah. Waspadai, rencanakan, persiapkan dan jangan panik. Hidup adalah kepercayaan, jaga kesehatan Anda, keluarga dan masyarakat," tulisnya. (mga/DerbyTelegraph) 

 

Baca juga:

Waspada Corona, Pemerintah Saudi Beri Durasi 15 Menit untuk Salat dan Khutbah Jumat


Back to Top