Naskah Kuno Alquran Abad ke-6 Hijriyah Diperbaiki

gomuslim.co.id - Pusat perbaikan naskah khat yang berafiliasi dengan makam suci Abbasi telah menerbitkan perincian tentang perbaikan naskah Alquran yang sangat kuno dan langka abad keenam Hijriah.

Dilansir dari Iqna, Selasa (17/3/20), Leith Lutfi, Direktur Pusat Perbaikan Naskah Makam Abbasi mengatakan sejarah Alquran kuno tersebut kembali pada akhir abad ke-6 H dan ditulis khat naskah Alquran kuno. Nama-nama surah ditulis dalam safron dan ayat-ayat lainnya dengan tinta hitam dan marginal halaman dihiasi dengan pola-pola bunga.

 

Baca juga:

Berusia 700 Tahun, Mushaf Alquran Kuno Karya Syekh Maulana Malik Ibrahim Ada di Museum Ini

 

“Pertama-tama, naskah ini ditinjau dari aspek adanya kerusakan dalam penulisan atau kerusakan lembaran, jilid mushaf dan masalah lainnya yang kemudian memulai operasi perbaikan dengan upaya tim teknis makam,” ujarnya. 

Mushaf ini diperbaiki berdasarkan pada metode dan prinsip-prinsip terbaru perbaikan naskah khat. Perbaikan menggunakan kertas-kertas alami Jepang dan perekat alami untuk memperbaiki halaman-halaman yang rusak. Setelah perbaikan kertas, selanjutnya kertas dijahit dengan benang katun dan kemudian jilidnya diperbaiki dengan kulit alami. Lalu disimpan di dalam sebuah kotak untuk dijaga dan disimpan di perbendaharaan makam suci Abbasi.

“Untuk penjagaan dan penyimpanan naskah asli Alquran ini, sebuah naskah komputer telah dibuat agar tidak merusak naskah yang asli,” jelasnya (Mr/Iqna)

 

Baca juga:

Mushaf Alquran Abad ke-17 Ternyata Ada di Bali


Back to Top