Cegah COVID-19, Ansor Sukoharjo Bakti Sosial Bagikan Masker dan Jamu ke PKL

gomuslim.co.id – Sebagai wujud kepedulian dan upaya mencegah pandemi COVID-19, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah menggelar aksi sosial membagikan masker dan jamu kepada para Pedagang Kali Lima (PKL) serta masyarakat pengguna jalan di kawasan Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jumat (27/3/2020).

"Ini bentuk kepedulian kami dari Ansor dan Banser Grogol atas wabah virus corona yang menghantui Indonesia. Ada 200 masker kami bagikan untuk para PKL dan warga pengguna jalan di Simpang Pandawa Solo Baru," kata Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Grogol, Suwondo.

Ia menjelaskan, aksi dari satuan elemen Nahdlatul Ulama ini diharapkan bisa menularkan kepada yang lain agar bisa berbagi bersama dan saling bantu membantu. Menurutnya, wabah corona dapat mengganggu stabilitas sosial, ekonomi, dan juga politik sehingga masyarakat tidak mengabaikan dan saling peduli maka bencana ini segera berakhir. 

"Ada filosofi dari sesepuh, dalam menghadapi bencana wabah seperti saat ini, kita harus Jamu Jati Kendi, yakni jaga mulut, jaga hati, dan kendalikan diri," imbuhnya.

 

Baca juga:

Hadapi Pandemi COVID-19, Pesantren Al-Aqobah Jombang Terapkan Metode Sekolah Digital 

 

Lebih lanjut, ia menyampaikan rasa peduli terhadap persoalan COVID-19 di samping sebagai tindak lanjut dari instruksi dari PP GP Ansor, juga melihat kebutuhan yang cukup besar di Kabupaten Sukoharjo. "Maka, kami yang ada di Kecamatan Grogol menggelar bakti sosial menyapa warga sekalian sosialisasi, mebagikan masker dan rempah-rempah, semoga bermanfaat," ujarnya.

Aksi pembagian masker di simpang Pandawa Solo Baru yang digelar oleh Jajaran PAC GP Ansor Kecamatan Grogol juga mendapat dukungan dari Polsek Grogol, sehingga pelaksanaan pembagian berlangsung tertib. "Bukan hanya dari Kapolsek Grogol, namun aksi bakti sosial PAC GP Ansor Kecamatan Grogol ini juga mendapatkan apresiasi dari beberapa pedagang kaki lima di kawasan Solo Baru," ungkapnya.

Suwondo pun berharap, dengan kegiatan bakti sosial ini masyarakat semakin tau dan peduli pentingnya perlindungaan diri dan keluarga terhadap serangan virus corona. "Semoga bermanfaat," singkatnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di Patung Kuda Solo Baru, Suryani mengungkapakan, apa yang telah dilakukan Banser dengan menggelar bakti sosial membagikan masker dan rempah sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-teman pedagang.

"Kepedulian antar sesama perlu digalakkan dan ditularkan. Kami mengapresiasi aksi para kader Ansor dan Banser Grogol, semoga menular pada komunitas lain untuk saling peduli. Karena wabah corona ini harus didukung oleh semua pihak," pungkasnya. (mga/NUOnline)

 

Baca juga:

Ingatkan Umat tentang Bahaya Corona, Ketua NU Kota Semarang Ciptakan Syiir COVID-19


Back to Top