Persiapan Karantina Wilayah, FUI Keluarkan Maklumat untuk Umat Muslim

gomuslim.co.id – Beredar informasi terkait karantina wilayah yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah membuat Forum Umat Islam (FUI) mengeluarkan maklumat. Isi maklumat tersebut menyampaikan beberapa poin penting yang perlu dipersiapkan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FUI, Muhammad Al Khaththath menyatakan, apabila karantina wilayah sudah diterapkan, maka FUI akan memberikan fasilitas usaha kepada umat Islam yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Adapun poin pertama yaitu persiapan mental untuk bersabar diam di rumah. Kedua, persiapan iman, yakni harus tetap optimistis hidup mati itu di tangan Allah. Semua yang hidup pasti akan merasakan mati seperti disampaikan Alquran Surah Ali Imran ayat 185. Bila sudah datang ajal tidak bisa dimajukan atau dimundurkan waktunya seperti diterangkan Surah Yunus 49.

"Bila Malaikat Izrail datang di musim pandemi corona hari ini ke rumah kita, ya tak mungkin ditolak walaupun kita bersembunyi di bunker bawah tanah sekali pun," ujarnya, Selasa (31/3/2020)

Ketiga, persiapan fisik agar tetap bugar dan punya produksi antibodi yang cukup untuk mengalahkan virus corona. Untuk itu, persediaan logistik berupa makanan yang sehat bergizi agar cukup, konsumsi buah-buahan cukup, minum air zam-zam, minum jamu empon-empon, juga minum habatussauda atau jintan hitam.  Dia menambahkan, habatussauda kata Nabi SAW, adalah obat segala macam penyakit, kecuali mati.

 

Baca juga:

Wantim MUI Dukung Pemberlakuan Karantina Wilayah, Tapi Ini Syaratnya

 

"Sedikit olah raga ringan, berjemur 10-15 menit setelah pukul 10.00 WIB. Jangan lupa malam jangan banyak begadang, setop merokok, dan jangan dekat-dekat dengan minuman keras dan narkoba," katanya.

Keempat, persiapan sipiritual agar status kita tetap terhubung dengan Allah SWT dengan mendekatkan diri kepada Allah, menambbah intensitas dan frekuensi taqarrub ilallah dengan yang wajib dan sunnah agar dicintai Allah. Perbanyak salat, termasuk shalat tasbih, baca Alquran khususnya Surah Al Kahfi dalam menghadapi akhir zaman, surah tentang surga dan neraka serta kisah-kisah para Nabi, khususnya Ulum Azmi.

Ia meminta umat muslim untuk terus perbanyak zikir asmaul husna dan doa-doa mohon diangkat wabah corona, istighfar dan taubat atas berbagai salah, dosa dan kezaliman, serta berbagai shalawat termasuk shalawat tolak bala.

Al Khaththath menganjurkan mengikuti pengajian online (live streaming) via media sosial yang banyak dilakukan oleh para ulama. Kelima, persiapan ekonomi dengan tetap mendapatkan pendapatan walau bekerja di rumah. Bisa juga dengan mencari peluang baru atau berbagai peluang dengan mengikuti grup WA bisnis dan link bisnis online.

"Itulah lima persiapan yang bisa kita buat untuk menghadapi lockdown atau karantina akibat wabah virus corona ini. Semoga Allah SWT menolong kita dan memudahkan urusan kita semua," pungkasnya. (hmz/rep/rls/dbs)

 

Baca juga:

Bantu Korban Terdampak COVID-19, Wapres Ma'ruf Amin Minta Umat Muslim Keluarkan Zakat Lebih Awal


Back to Top