Kabar Duka, Tokoh Muslim Kuba Pedro Lazo Torres Tutup Usia

gomuslim.co.id - Tokoh muslim Kuba, Pedro Lazo Torres wafat di usia 68 tahun setelah mengidap gagal ginjal kronis. Ia meninggal di Havana pada Selasa (31/3/2020) malam.

Pendiri sekaligus Presiden Liga Islam Kuba ini dikenang sebagai sosok yang selalu mempertahankan nilai-nilai revolusioner, dukungan dan pendampingan keadilan bagi rakyat Kuba.

“Dia juga menentang keras pemboikotan bergaya imperialisme ala Yankee (Amerika Serikat) terhadap negara kita,” tulis media lokal, Cubadebate.

Di Kuba, Pedro juga juga dikenal sebagai pemimpin agama yang berwawasan universal, dengan partisipasi yang sangat aktif dalam Majelis Antaragama Kuba. Dia juga dikenal atas sikapnya yang tegas dalam memerangi terorisme dan fundamentalisme di negaranya.

 

Baca juga:

Ini Presiden Persatuan Ulama Sedunia Baru Pengganti Dr. Yusuf Qaradhawi

 

Dia juga selalu menyuarakan pesan-pesan perdamaian dan aktif dalam dialog antaragama. “Belasungkawa kami yang terdalam untuk keluarga dan rekan-rekan almarhum, serta seluruh Muslim di Kuba,” ungkap media Cubadebate. 

Untuk diketahui, komunitas muslim di Kuba diperkirakan terdapat sekitar 10.000 Muslim, atau sekitar 0,1 persen dari total populasi penduduk Kuba. Tidak seperti Muslim di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa yang penduduk Muslimnya kebanyakan adalah imigran, di Kuba, hampir seluruh pemeluk Islamnya adalah orang asli Kuba. 

“Sembilan puluh sembilan persen Muslim Kuba adalah mualaf dan bukan keturunan Arab,” kata Ahmed Abuero, salah seorang imam masjid di Kuba, yang mengaku masuk Islam setelah membaca biografi Malcolm X, tokoh Muslim kulit hitam AS. (Mr/inews)

 

Baca juga:

Liga Muslim Dunia Gelar Dialog Tentang Islam Cinta Damai

 


Back to Top