Sekjen PBB Sebut Gaza Perlu Bantuan Mendesak untuk Perangi COVID-19

gomuslim.co.id – Sekretaris Jendral (Sekjen) PBB, Antonio Guterres meminta bantuan internasional secara mendesak untuk membantu Gaza Palestina memerangi wabah pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicaranya, Stephane Dujarric yang mengatakan bahwa Sekjen Guterres menekankan jika Gaza berada di garis depan yang masuk dalam daftar daerah-daerah yang membutuhkan bantuan mendesak untuk melawan virus corona.

Dujarric juga mengatakan bahwa Sekjen Guterres menjelaskan tentang keadaan teritori wilayah Palestina yang diduduki, terutama jalur Gaza, saat ini amat sangat membutuhkan bantuan.

 

Baca juga:

Rawat Korban COVID-19, Rumah Sakit Persahabatan Palestina-Turki Resmi Beroperasi 

 

Pada Rabu (1/4/2020) kemarin, Guterres menyodorkan program bantuan kemanusiaan global senilai $ 2 miliar untuk membantu negara-negara dan daerah-daerah miskin untuk memerangi virus corona, termasuk Gaza.

Menurutnya, jalur Gaza dengan populasi dua juta adalah salah satu daerah yang paling padat penduduknya di dunia dan telah dikepung selama lebih dari 13 tahun oleh Israel. Selain itu, Gaza juga tengah menghadapi krisis ekonomi, sosial, keuangan dan krisis lainnya.

Bahkan disebutkan bahwa sudah ada 10 orang di Gaza yang telah terjangkit virus corona dan untuk mencegah bencana kemanusiaan yang lebih meluas, harus segera diberikan bantuan kepada daerah tersebut.

Sementara itu sebelumnya, Kementerian Kesehatan Palestina di Ramallah sejauh ini mengumumkan jumlah total warga Palestina yang terjangkiti virus hingga saat ini berjumlah 118 orang, dimana 10 orang tinggal di Jalur Gaza dan 108 di Tepi Barat. (mga/Iqna)

 

Baca juga:

Khawatir Pandemi COVID-19, Palestina Batalkan Peringatan Great March of Return


Back to Top