PCNU Deli Serdang Bagikan Sembako untuk Ringankan Beban Warga Terdampak Corona

gomuslim.co.id – Pandemi COVOD-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat. Para pekerja informal yang biasanya beraktivitas di luar rumah, kini mulai dilarang. Akibatnya mereka tidak mendapat penghasilan untuk menghidupi keluarganya. 

Berangkat dari hal tersebut, Pengurus Nahdlatul Ulama (PCNU) Deli Serdang, Sumatra Utaraberinisiatif untuk menyalurkan dan membagikan paket sembako kepada masyarakat, khususnya yang tidak memiliki penghasilan tetap. “Ini kita lakukan dalam rangka membatu meringankan beban hidup masyarakat terdampak musibah COVID-19,” ujar Ketua PCNU Deli Serdang, Faisal Ananda, Rabu (1/4/2020).

Ia mengungkapkan, aksi sosial yang digagas pengelola Kotak Infak atau Koin NU Kabupaten Deli Serdang ini dilaksanakan serentak di sejumlah kecamatan. Ketua Pengelola Koin NU Deli Serdang ini menjelaskan bahwa kegiatan penyaluran paket sembako adalah hasil pengumpulan dana selama 3 bulan dengan menghimpun dana dari Nahdliyin atau warga NU Deli Serdang. 

“Koin NU adalah usaha donasi dari umat untuk umat, dan Koin ini dikumpulkan setiap bulan ke kantor PCNU Kabupaten Deli Serdang,” jelasnya.

 

Baca juga:

Cegah COVID-19, Ansor Sukoharjo Bakti Sosial Bagikan Masker dan Jamu ke PKL

 

Kegiatan sosial yang dikemas dengan nama NU Peduli Kemanusiaan ini, lanjutnya, akan berlajut seiring dengan masih merebaknya dampak virus COVID-19. “Bahkan kegiatan ditargetkan tetap berlanjut menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini. Karenanya besar harapan kami para nahdliyin bisa lebih aktif lagi untuk mengisi kotak kotak infak yang sudah tersebar di rumah,” paparnya.

Ia juga menyebut warga juga bisa menyalurkan bantuan langsung no rekening Mandiri Syariah a/c 9999181888. “Insyaallah Kami akan jalankan sebaik-baiknya amanah ini dan semoga semua yang sudah ikut menyumbang Koin NU diberikan kesehatan dan dijauhkan dari segala marabahaya juga wabah, serta rizkinya selalu dilimpahkan,” harapnya.  

Sementara itu, Wakil Ketua I pengelola Koin NU Deli Serdang, Kiai Muhtarom juga menyampaikan harapan dan imbauan serupa. Kiai yang juga penasihat Kesan Sumut atau Kesatuan Alumni Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban Jawa Timur tersebut turut mengimbau kepada Nahdliyin bisa lebih aktif ikut dalam gerakan Koin NU.

“Koin NU adalah program yang sangat bagus untuk menopang kemandirian NU yang usianya hampir satu abad. Maka, NU harus bisa berdiri di atas kakinya sendiri dan itu semua akan terwujud jika gerakan Koin NU ini sukses,” katanya. 

Menurut pelaksana lapangan kegiatan ini, diantara kawasan yang dijangkau adalah Kecamatan Lubuk Pakam Batang Kuis, Sunggal, Tanjung Morawa, Galang dan Beringin. “Untuk gelombang kedua yakni pekan depan akan dilanjutkan ke kecamatan yang belum terjangkau,” kata Anita Irma Tambunan selaku inisiator kegiatan sosial ini. (mga/NUOnline)

 

Baca juga:

Hadapi Pandemi COVID-19, Pesantren Al-Aqobah Jombang Terapkan Metode Sekolah Digital 


Back to Top