Masjid Tutup Akibat COVID-19, Radio BBC Lokal Inggris Siarkan Khutbah Jumat 

gomuslim.co.id – Pandemi COVID-19 membuat beberapa kegiatan keagamaan dihentikan sementara waktu. Sejumlah tempat ibadah di berbagai wilayah, termasuk masjid bagi umat Islam juga ditutup. Namun demikian, kegiatan keagamaan secara online maupun radio justru mulai ramai. Salah satunya seperti radio BBC lokal di Inggris yang menyiarkan ceramah agama Islam.

Di Leicester, radio lokal memiliki slot dakwah dan doa untuk agama Islam. Selama pandemi corona, komunitas Muslim di kota ini dapat mendengarkan BBC Radio Leicester pada Jumat pagi.

"Sesuai dengan panduan pemerintah, lembaga-lembaga keagamaan sekarang telah ditutup untuk umum, termasuk banyak masjid di seluruh kota. Perubahan itu telah memengaruhi rutinitas harian banyak Muslim yang menghadiri masjid secara teratur untuk beribadah," demikian seperti dilansir Leicester Mercury, Jumat (3/4/2020). 

Sekarang, di samping kebaktian mingguan Kristen yang disiarkan secara lokal pada Ahad, pendengar Muslim akan mendengarkan khutbah salat Jumat yang memiliki makna khusus dalam Islam. Acara ini akan disiarkan setiap Jumat pukul 05.50 waktu setempat.

Nantinya, imam yang akan memimpin siaran berbeda-beda. Imam akan membaca sebuah ayat dari Alquran atau hadits Nabi. Kemudian, imam akan menerjemahkannya dan berbicara tentang relevansinya dengan peristiwa pada masa kini diikuti dengan doa selama satu menit.

 

Baca juga:

Dukung Pemerintah Perangi Virus Corona, GTV Batalkan ‘Voice Of Ramadan’ 2020

 

Seorang imam senior di Leeds, Qari Asim MBE, akan menjadi penyiar pertama memimpin layanan pekanan. "Radio lokal tentang menghubungkan komunitas dan kami berharap refleksi pekanan ini akan membantu Muslim merasakan rasa kebersamaan saat mereka mengisolasi diri," ujar Kepala BBC Local Radio Chris Burns dilansir di Leicester Mercury, Kamis (2/4).

Banyak Muslim akan merasakan kehampaan dalam kehidupan mereka ketika mereka tidak lagi melaksanakan shalat seperti biasanya. Perasaan ini makin meningkat ketika Ramadhan tiba.

Saat ini banyak Muslim memutuskan shalat di rumah. Bagi sebagian orang, shalat jamaah di masjid akan terlewatkan, terutama selama Ramadhan.

Editor berita di BBC England Neila Butt mengatakan, iman adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan orang-orang. Mereka ingin sebanyak mungkin orang dapat beribadah terlepas dari semua yang terjadi. Ceramah keagamaan akan disiarkan di 14 stasiun radio lokal di seluruh Inggris, termasuk Leicester.

Siaran ulang juga akan tersedia untuk didengarkan di situs BBC Sounds. Tak hanya di Leicester, Stasiun radio BBC Coventry dan Warwickshire akan mulai menyiarkan slot ceramah agama untuk Muslim. (hmz/leicestermercury/dbs/rep)

 

Baca juga:

Corona Infeksi 62 Orang, Sejumlah Masjid di Afrika Selatan Tutup Sementara


Back to Top