Kutip Ayat Alquran, Warga Belanda Ucapkan Terima Kasih ke Dokter dan Perawat Pasien COVID-19

gomuslim.co.id - Ada banyak cerita terkait pandemi corona (COVID-19) yang kini mewabah di sejumlah Negara. Salah satunya seperti di Negara Belanda. Baru-baru ini, komunitas Muslim di Belanda menggunakan cara unik dalam memberikan dukungan kepada para dokter dan tenaga medis yang merawat pasien COVID-19. 

Mereka memprakarsai gerakan, 'Verhevenkarakter' dan 'Noble character' dengan membuat papan poster digital mengutip ayat-ayat suci Alquran. Papas poster digital itu kemudian dipasang di halte depan sebuah rumah sakit Meander di Amersfoort, sebuah kota besar kedua di Provinsi Utrecht Belanda. 

Poster tersebut berisi ucapan terima kasih yang ditujukan tenaga medis dengan mengutip ayat Alquran surat Al-Maidah:32. Arti terjemahannya ditulis dalam bahasa Belanda dan Bahasa Inggris.

"Als iemand een leven redt, is het alsof diegene de gehele mensheid feeft gered. (Koran 5:32)," begitu bunyi baliho yang dipasang komunitas ini.

Sementara tulisan dalam papan poster dalam bahasa Inggris seperti ini. "Whoever saves a life, it is as if he had saved mankid entirely (Quran 5:32) Thank you healthcare workers".

Artinya, “Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya (Al Maidah:32) Terima kasih tenaga medis.”

 

Baca juga:

Ingatkan Bahaya Virus Corona, Khabib Nurmagomedov Kutip Ayat Alquran

 

Dilansir dari publikasi Daily Sabah, Senin (6/4/20) poster tersebut dipasang oleh pengelola Masjid Amersfoort Rahman, Amsterdam. Ketua Pengurus Masjid, Ramazan Yildiz, mengatakan, poster tersebut memang ditujukan ke petugas kesehatan atas usahanya menghadapi pandemi COVID-19.

"Mereka bekerja keras untuk kesehatan masyarakat dan menghabiskan malam tanpa tidur. Mereka membutuhkan motivasi dan kami ingin memotivasi mereka. Dengan ayat ini, kami ingin menunjukkan bahwa komunitas muslim di sini juga mendukung mereka kata Yildiz," ujarnya.

Pemerintah Belanda sendiri berupaya menerapkan karantina wilayah secara cerdas atau yang disebut 'intelligent lockdown'. Namun, penyebaran wabah virus corona begitu cepat di Belanda sehingga tingkat kematian di negara itu merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

Jumlah kematian di Belanda akibat dari virus corona hingga Ahad (5/4/2020) mencapai 1.651 kasus. Sementara itu, sebanyak 16.627 orang dinyatakan positif. (Mr/dailysabah/detik/kumparan)

 

Baca juga:

Nasrullah Magnet Rizki Bagikan Metode 'Garpu Tala' untuk Pasien Corona, Begini Penjelasannya

 


Back to Top