Tangani Jemaah Umrah, Saudi Buka Kantor Imigrasi di Bandara Jeddah 

gomuslim.co.id - Kantor Imigrasi di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi dibuka, Ahad (05/04/2020) kemarin. Pembukaan dilakukan untuk melayani penyelesaian prosedur bagi jemaah umrah yang visanya telah berakhir dan yang telah melampaui batas serta mereka yang telah mengajukan permohonan melalui platform online Kementerian Haji dan Umrah.

Dilansir dari Arab News, Senin (6/4/20), Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan untuk membebaskan jemaah umrah yang telah tinggal lebih lama dari jeratan hukum, denda keuangan, dan dideportasi. Ini untuk memastikan mereka kembali ke negara masing-masing di bawah pengawasan komite yang bertanggung jawab.

 

Baca juga:

Kemenag Tunda Pengumuman Seleksi dan Pembekalan PPIH Arab Saudi 1441H

 

Kantor imigrasi mengatakan bahwa bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Kesehatan, Otoritas Umum Penerbangan Sipil, dan otoritas operasional yang kompeten di Bandara Internasional King Abdul Azi. Para wisatawan akan diberangkatan sesuai dengan prosedur pencegahan penyebaran virus corona. 

Sebelumnya, sebanyak 42 jemaah umrah Indonesia tertahan di Arab Saudi akibat kebijakan lockdown imbas virus corona (COVID-19) sejak 15 Maret 2020 lalu.

"Ada 42 jamaah umrah Indonesia yang masih tertahan. Sebanyak 39 jemaah ke Saudi dengan visa umrah, tiga lainnya dengan visa ziarah," kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim dalam keterangan resminya.

Keberangkatan 42 jemaah umrah asal Indonesia ke Arab Saudi tersebut difasilitasi oleh 11 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU. Arfi tak membeberkan nama PPIU yang memberangkatkan 42 jemaah umrah asal Indonesia itu. Namun, pihaknya sudah meminta 11 PPIU itu untuk melaporkan jemaahnya melalui sistem yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi. (Mr/arabnews)

 

Baca juga:

Imbas Lockdown, 42 Jemaah Umrah Indonesia Tertahan di Arab Saudi

 


Back to Top