Presiden Komisi Islam Spanyol Riay Tatary Meninggal Dunia Akibat COVID-19

gomuslim.co.id – Presiden Komisi Islam Spanyol (CIE), Riay Tatary Bakry meninggal dunia pada usianya yang ke 72 tahun akibat COVID-19. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Madrid, Senin (6/4/2020) kemarin.

Sebelumnya, Tatary sempat dikarantina dan dirawat di rumah sakit Madrid selama beberapa hari bersama istrinya yang juga menderita COVID-19 dan dalam kondisi serius.

"Komisi Islam Spanyol menyampaikan bahwa presidennya, Riay Tatary Bakry, yang meninggal hari ini dan menyatakan belasungkawa dan dukungannya yang paling tulus dan tulus kepada keluarga dan teman-temannya," tulis salah seorang dari Komisi Islam Spanyol melalui pernyataannya, dilansir dari publikasi About Islam, Selasa (7/4/2020).

“Kami berdoa kepada Allah untuk jiwanya. Kami juga memberi tahu umat Islam di Spanyol dan masyarakat bahwa Komisi Islam Spanyol akan terus bekerja dengan antusiasme dan semangat yang sama yang ditandai oleh presidennya yang telah meninggal,” lanjut pernyataan tersebut.

 

Baca juga:

Sempat Kritis, Wanita Berusia 86 Tahun Asal Turki Ini Sembuh dari COVID-19

 

Tatary merupakan seorang sarjana muslim terkenal di Spanyol. Ia lahir di Damaskus pada 1948 dan pindah ke Spanyol pada awal 1970-an. Sebagai ayah dari lima anak, Riay Tatary berprofesi sebagai seorang dokter. Hingga kematiannya, ia bekerja sebagai imam masjid di lingkungan Madrid di Tetuan.

Pada tahun 1971, ia berpartisipasi dalam pembentukan Asosiasi Muslim Spanyol dan menjabat sebagai presiden. Pada 1980-an, ia juga sempat menjadi anggota komisi penasehat Kebebasan Beragama dari Departemen Kehakiman.

Selanjutnya, pada tahun 1989, Asosiasi Muslim meminta agar agama Islam 'dikenal luas, berakar dalam' di Spanyol. Permintaan ini terwujud pada bulan Juli tahun itu. Ini membuka jalan bagi negosiasi perjanjian kerja sama dengan Negara.

Selanjutnya, dua organisasi muncul, menuntut pengakuan formal untuk mewakili komunitas Islam. Federasi Spanyol Entitas Agama Islam (FEERI), dibentuk pada September 1989 dan Persatuan Komunitas Islam Spanyol (UCIDE) yang didirikan pada April 1991 dan disponsori oleh Asosiasi Muslim Spanyol yang dipimpin oleh Tatary. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

Perangi Corona, Turki Kirim Bantuan Medis ke Spanyol dan Italia


Back to Top