ACT Distriibusikan 280 Paket Beras untuk Tunanetra

gomuslim.co.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali mendistribusikan 280 paket beras melalui program Operasi Beras Gratis kepada peserta binaan Rumah Alquran Braille Al Ihya (RABA).

Aksinya kali ini didukung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). ACT mendistribusikan ratusan paket beras yang diberikan kepada sekitar 150 peserta tunanetra binaan RABA yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Ahad (5/4/2020) lalu.

Pembagian beras dilakukan mengingat para peserta binaan pemasukannya berkurang semenjak virus corona menyerang. Mereka yang mayoritas bekerja sebagai tukang pijit mesti kehilangan pelanggan karena imbauan untuk menjaga jarak fisik.

“Sampai saat ini pasien pun tidak ada. Dari awal Maret yang terasa banget. Jadi pasien tidak ada sama sekali,” kata Endah, salah satu penerima manfaat.

Selain berkurang pemasukannya sebagai tukang pijat, Endah juga kehilangan mata pencaharian berjualan kerupuk dikarenakan pabrik tempat ia mengambil kerupuk tutup akibat pandemi corona.

 

Baca juga:

Darurat Corona, ACT Bersama TNI Bagikan 1000 Ton Beras Gratis untuk Warga Terdampak

 

Otomatis Endah saat ini tidak memiliki pekerjaan, begitu juga teman-temannya yang lain yang memiliki pekerjaan sama denganya. Namun ia bersyukur dengan adanya pihak-pihak yang masih peduli kepada para tunatera di masa pandemi ini. Termasuk ACT yang memberikan mereka paket beras.

“Alhamdulillah bantuan-bantuan (selalu ada). Seperti sekarang kita dapat bantuan dari ACT. Sangat membantu sekali buat kami, tunanetra khususnya. Kami ucapkan terima kasih. Kami sangat terbantu sekali,” kata Endah. Ia berharap bantuan dari ACT dapat berlanjut membersamai mereka ke depannya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyuddin mengatakan program yang diluncurkan pada Kamis (2/4) lalu tersebut akan menyasar sekitar 20.000 warga prasejahtera, terutama pekerja harian yang pendapatannya terdampak semenjak menyebarnya virus corona. Bekerja sama dengan TNI, ACT menargetkan distribusi 1.000 ton beras dan melepas 100 ton sebagai awalan program ke 10 titik yang ada di Jabodetabek.

“Saya mengajak TNI dan seluruh masyarakat, mari kita gerakan kembali solidaritas sosial nasional. Bencana ini sudah terlihat tidak hanya berdampak di dimensi-dimensi kesehatan, tetapi juga dimensi perekonomian terutama kepada masyarakat level akar rumput. Mari kita berfokus tidak hanya dimensi kesehatan, namun juga perekonomian. Jika itu bisa kita atasi bersama dengan baik, maka insya Allah tidak akan terjadi bencana sosial di kemudian hari,” pungkasnya. (hmz/act)

 

Baca juga:

Humanity Talkshow ACT Ajak Masyarakat Peduli Muslim Suriah


Back to Top