Cegah Penyebaran Corona, Pemerintah Mesir Larang Salat Tarawih di Masjid Selama Ramadan

gomuslim.co.id - Mesir akan melarang pertemuan keagamaan di publik dalam bentuk apapun selama bulan suci Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk menangkal penyebaran virus corona (COVID-19), Selasa (7/4/20).

Dilansir dari publikasi Arab News, Rabu (8/4/20), selama bulan Ramadhan bisanya umat muslim akan menggelar acara buka puasa bersama dan salat tarawih di masjid. Tapi para ahli kesehatan merekomendasikan untuk menjaga jarak selama pandemi virus corona.

 

Baca juga:

Pusat Fatwa Al-Azhar Jelaskan Aturan Puasa Ramadhan selama Pandemi Corona

 

Atas rekomendasi ini, pemerintah Mesir melalui Kementerian Urusan Islam akan melarang pertemuan dan buka puasa bersama, atau buka puasa, serta kegiatan sosial kolektif lainnya. Buka puasa bersama biasanya digelar untuk warga miskin dan masyarakat umum setiap bulan Ramadhan.

Larangan itu juga akan berlaku untuk Itikaf di masjid di 10 hari terakhir Ramadhan. Itikaf biasanya dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Mesir sejauh ini telah melaporkan lebih dari 1.300 kasus yang dikonfirmasi positif virus corona dengan lebih 250 kematian. 

Beberapa negara dengan penduduk mayoritas pemeluk Islam seperti Mesir, Uni Emirat Arab dan negara lainnya sudah melarang salat berjamaah di masjid-masjid demi memperlambat penyebaran virus corona. Sebelumnya pada akhir pekan lalu Arab Saudi sudah meminta umat Islam di seluruh dunia bersabar dan menunda perjalanan haji serta umrah mereka. Imbauan itu terkait penyebaran. (Mr/arabnews)

 

Baca juga:

Grand Syekh Al Azhar: Setiap Orang Punya Tanggungjawab Perangi Corona

 


Back to Top