Peta Sebaran Data Populasi Muslim Dunia 2020: Indonesia Paling Besar

gomuslim.co.id - Sebagai penganut agama terbesar kedua di dunia, muslim adalah orang-orang yang percaya dan hidup dengan ajaran Islam. Ada lebih dari dua miliar muslim di seluruh dunia. Tetapi bagaimana perbandingan jumlah populasi umat muslim antar negara-negara?

Islam adalah agama, sedangkan muslim adalah pengikut agama Islam. Cara lain untuk merujuk pada orang-orang yang mengidentifikasi sebagai muslim adalah dengan menyebut mereka pengikut Islam. Kesalahan umum dalam ungkapan adalah merujuk orang sebagai individu Islam, tetapi Islam adalah agama. Sehingga lebih akurat untuk mengatakan muslim, bukan Islam.

Dilansir dari World Population Review, Rabu (8/4/20), di negara-negara tertentu, ada populasi muslim. Kemudian, populasi-populasi itu di masing-masing negara dibandingkan dengan populasi global muslim. Kami hanya akan melihat masing-masing negara dan melaporkan populasi muslim saat ini agar lebih mudah.

 

Baca juga:

Negara Minoritas Muslim Masuk Peringkat Teratas Indeks Islamitas

 

Ada sekitar 1,9 miliar muslim di dunia, menjadikan Islam agama terbesar kedua di dunia di belakang agama Kristen. Populasi penduduk beragama Islam sebagian besar terbagi antara 1,5 miliar Muslim Sunni dan 240-340 juta Muslim Syiah dengan sebagian lainnya termasuk dalam denominasi yang lebih kecil.

 

Baca juga:

Survei: UEA Negara Muslim Paling Bersih dari Korupsi di Dunia

 

Negara muslim terbesar adalah Indonesia, di mana diperkirakan 229 juta muslim berada. Ini adalah 87,2% dari populasi Indonesia 263 juta dan sekitar 13% dari populasi muslim dunia. Muslim di Indonesia adalah sekitar 99% Sunni, 0,5% Syiah, dan 0,3% Ahmadiyah. Islam di Indonesia dapat dikategorikan secara luas menjadi "modernisme," mengikuti teologi ortodoks sambil merangkul pembelajaran modern; atau "tradisionalisme," mengikuti interpretasi para pemimpin agama setempat.

Islam adalah agama dominan di beberapa negara, termasuk Afghanistan, Pakistan, Sahara Barat, Iran dan banyak lagi. Negara-negara dengan jumlah Muslim yang tinggi cenderung berada di Afrika, Timur Tengah, dan Asia. (Mr/World Population Review)


Back to Top