Turki Larang Penjualan Masker, Erdogan: Masker Dibagikan Secara Gratis

gomuslim.co.id – Presiden Turki, Erdogan menerapkan pelarangan penjualan masker di negaranya saat pandemi COVID-19. Ia mengatakan bahwa masker bukan untuk dijual, melainkan diberikan secara gratis. Masker akan didapatkan oleh warganya melalui supermarket atau didistribusikan ke rumah warga oleh Turkish Post and Telegraph Organization (PTT).

Dilansir dari publikasi Daily Sabah, Kamis (9/4/2020), penerapan itu sebagai bagian dari langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi virus “Corona”. Erdogan tidak merinci lebih lanjut mengenai peraturan tentang penjualan masker.

“Gubernur kami sudah mulai mengirim masker gratis melalui PTT,” katanya, menambahkan: “Kami memiliki stok yang cukup dan rencana produksi untuk seluruh penduduk kami sampai pandemi berakhir,” katanya.

 

Baca juga:

Erdogan Berharap Malam Nisfu Syaban Bawa Kebaikan untuk Dunia Islam dan Umat Manusia

 

Ia menuturkan, Pemerintah Turki memiliki semangat untuk mengatasi pandemi yang terjadi saat ini. Katanya, ketika Turki menghadapi ancaman apa pun maka rakyat dan negara bekerja sama satu sama lain dan memanfaatkan semua cara untuk menghadapi ancaman tersebut.

“Turki tidak menghadapi masalah dalam menyediakan makanan dan perlengkapan sanitasi. Diagnosis dan perawatan di rumah sakit berjalan tanpa hambatan. Turki bertekad untuk membangun dua rumah sakit besar di Istanbul dengan kapasitas masing-masing 1.000 tempat tidur,” tegasnya.

Untuk diketahui, Turki pada hari Jumat membuat aturan yang mewajibkan penggunanaan masker di tempat-tempat umum yang ramai, di transportasi umum, toko kelontong dan tempat kerja. Presiden pada hari Jumat mengumumkan jam malam diperluas untuk mencakup warga di bawah 20 tahun.

Pada hari Senin, jumlah kasus coronavirus yang dikonfirmasi di Turki mencapai 30.217 sementara jumlah korban tewas mencapai 649. Sejauh ini, total 202.845 tes telah dilakukan di negara itu dan 1.326 pasien telah pulih dari COVID-19. (hmz/dailysabah)

 

Baca juga:

Pemerintah Turki Jamin Kebutuhan Lansia Selama Lockdown 


Back to Top