Stop Kegiatan Berjamaah Sesuai Perintah, Imam Masjid di Nigeria Ini Malah Dicopot

gomuslim.co.id –  Imam Masjid Abubakar Gumi Juma'at Kaduna, Nigeria, Syekh Malam Abubakar Sarkin Aminu harus kehilangan posisinya sebagai imam sejak Rabu (8/4/2020) malam lantaran meniadakan salat berjamaah. Padahal, itu sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mengimbau untuk menghindari pertemuaan sosial dan agama guna mencegah penyebaran COVID-19.

Namun, Abubakar justru dituduh telah menghentikan ibadah salat berjamaah lima waktu. Abubakar menghentikan kegiatan salat berjamaah karena jika banyak jamaah yang hadir justru potensi penularan COVID-19 semakin besar.

Salah seorang sumber yang dekat dengan imam tersebut, Abdulbasit Abubakar menilai, imam telah dipindahkan secara tidak adil. Padahal, kata dia, ada masjid-masjid lain yang pemimpinnya mematuhi perintah Pemerintah Negara Bagian Kaduna terkait jarak sosial namun tidak dicopot.

"Saya pikir ini menyedihkan dan tidak adil. Apakah anda menghentikan imam karena mematuhi perintah pemerintah? Apakah dia seharusnya melawan pemerintah? Bahkan, Makkah ditutup dan para imam belum ditangguhkan atau dihapus," ujar Abdulbasit Abubakar seperti dilansir dari publikasi Vanguard, Kamis (9/4/2020).

 

Baca juga:

Pandemi Corona, Sultan Sokoto Seru Muslim Nigeria Patuhi Kebijakan Pemerintah

 

Sementara itu, pemimpin Jama'atu Izalatul Bidi'a Wa Iqamatussunah JIBWIS Zaria, Malam Sani Yakubu yang mengumumkan pencopotan imam tidak dapat dihubungi. Sebelumnya, Vanguard melaporkan Pemerintah Negara Bagian Lagos menyegel masjid karena melanggar perintah terkait jarak sosial dan mendenda kepemimpinan masjid.

Awal pekan ini, Gubernur Kaduna, Elrufai, berencana memperpanjang jam malam karena beberapa orang melanggar perintah. 

Kebijakan social distancing sendiri merupakan langkah penting yang perlu diambil untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini sebagaimana direkomendasikan oleh para ahli kesehatan agar penyebaran COVID-19 bisa ditekan. (mga/Vanguard)

 

Baca juga:

Hadapi Corona, Sultan Sokoto Nigeria Ajak Umat Laksanakan Puasa dan Salat Khusus


Back to Top