Cegah Penyebaran COVID-19, Universitas Al Quds Ciptakan Prototipe Inovatif Ventilator

gomuslim.co.id – Upaya pencegahan penyebaran wabah COVID-19 terus dilakukan sejumlah kalangan, termasuk dari dunia pendidikan. Salah satunya, Universitas Al-Quds di Yerusalem Timur yang menciptakan prototipe inovatif ventilator (alat bantu pernafasan). Alat ini terkoneksi dengan sistem komputerisasi.

Rektor Universitas Al-Quds, Prof Imad Abu Kishek menyampaikan keberhasilannya untuk memproduksi ventilator sebagai alternative mengatasi kekurangan Palestina. Ia berharap, terobosan itu terjadi pada saat kritis bagi Palestina, yang sedang berjuang mencegah penyebaran COVID-19, dan semakin banyak pembatasan yang diberlakukan oleh militer Israel.

“Prototipe yang dirancang oleh Fakulras Kedokteran dan Teknik ditargetka akan akan menjadi ventilator komersial standard dengan harga relatif murah,” ujar Abu Kishek seperti dilansir dari publikasi Palestine Chronicle, Jumat (10/4/2020),

 

Baca juga:

Pandemi Corona, KBRI Kairo Salurkan Bantuan kepada Mahasiswa Indonesia di Mesir

 

Menurutnya, ventilator itu menjadi penemuan paling penting dan tepat waktu bagi Palestina. Selanjutnya, ventilator siap untuk diproduksi segera setelah Institut Standar Palestina (PSI) memberikan persetujuan akhir untuk prototipe.

Kementerian Kesehatan Palestina telah melaporkan bahwa hanya 250 ventilator medis tersedia di seluruh rumah sakit Palestina dan dua pertiga dari mesin ini sudah digunakan.

Direktur PSI Haidar Hijjeh menyatakan akan mempercepat prosedur persetujuan, ketika ia memeriksa prototipe pada 4 April bersama dengan tim yang terdiri dari delapan ahli lainnya. “Persetujuan final sedang menunggu tes lebih lanjut yang diharapkan akan selesai dalam pecan ini,” pungkasnya. (hmz/palestinechronicle)

 

Baca juga:

Insinyur Muslim Ini Ciptakan Robot COVID-19 untuk Deteksi Virus Corona


Back to Top