#RamadhanGuide

Sehat dan Kaya Manfaat, Ini Delapan Rekomendasi Menu Sehat untuk Sahur Selama Ramadhan

gomuslim.co.id- Waktu sahur merupakan saat terbaik umat Islam dalam menyantap menu makanan sehat dan membuat rasa kenyang atau lambat dicerna tubuh saat menjalankan puasa di siang hari. Salah satunya, yaitu dengan konsumsi protein yang cukup saat sahur.

Namun, perlu diperhatikan bahwa makanan yang membuat kenyang lebih lama bukan dengan memperbanyak nasi, tapi justru memperbanyak protein dan sayur karena dua jenis ini akan membuat proses mekanisme pencernaan berlangsung lebih lambat daripada karbohidrat.

Selain itu, disunnahkan makan sahur dengan beberapa butir kurma, seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, di mana ia menceritakan:

“Senikmat-nikmatnya sahur bagi orang mukmin adalah dengan beberapa butir kurma. (HR. Abu Dawud).

Hindari Saat Sahur

Menu-menu makanan pedas, bersantan, dan berminyak juga sebaiknya dihindari karena tidak hanya tak baik untuk lambung, membuat tubuh mudah lapar.

Seperti yang diansir dari publikasi Khaleej Times, Rahma Ali yang merupakan seorang ahli gizi mengatakan agar sebaliknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan saat sahur karena hanya akan membuat kenyang sekitar 3-4 jam saja. Jenis makanannya termasuk roti, nasi putih, pastry, donat dan croissant.

Selain itu, Ali juga menyarankan agar hindari makanan asin seperti gorengan atau keripik juga tak bagus dikonsumsi saat sahur karena menyebabkan ketidakseimbangan kadar sodium dalam tubuh. Hasilnya, tubuh akan lebih cepat haus.

“Penggemar kopi sebaiknya meninggalkan minuman favoritnya saat sahur karena kafein bisa menyebabkan insomnia dan sulit tidur. Kopi juga tidak menghidrasi tubuh dan membuat tubuh menginginkan air sepanjang hari,” paparnya.

gomuslim telah merangkum “7 Menu Sehat Saat Sahur” yang dapat dikonsumsi agar tubuh tetap vit dan terhindar dari rasa lapar selama puasa:

1. Soup

Mengkonsumsi menu soup dapat menghentikan sel-sel di perut memproduksi hormon kelaparan ghrelin dan mematikan nafsu makan. Studi mencatat kepuasan tubuh yang lebih besar ketika konsumsi makanan yang penuh kandungan air.

Soup bergerak keluar dari perut lebih lambat dari makanan padat, membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Telur

Kombinasi protein dan lemak dalam telur membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Sebelum telur dikreasikan sebaiknya direbus Cobalah merebusnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

3. Salad Sehat

Salad juga bisa menjadi salah satu alternatif yang praktis dan sehat. Agar salad dapat memenuhi kebutuhan gizi, pastikan salad yang dibuat memenuhi unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Karbohidrat bisa didapatkan dari kentang dan makaroni yang ditambahkan. Protein bisa didapatkan dari daging, ayam, ikan tuna, keju, atau telur. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari banyak sayuran, seperti selada merah, selada hijau, kol, wortel, timun, dan tomat. Sebagai dressing-nya tambahkan mayones atau minyak zaitun, ini juga sebagai sumber lemak.

Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah ‘sapu alami’ yang membantu membersihkan sisa daging di sela-usus.

4. Kacang Edamame

Kacang Edamame sangat bagus untuk dimakan atau ditambahkan sebagai isian soup, salad, dan casserole. Makanan ini kaya serat untuk membantu membuat rasa kenyang dan membantu mencegah makan berlebihan dan ngemil.

Konsumsi edamame juga menjadi cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan terkendali dan memiliki manfaat tambahan yang tinggi protein, yang juga akan membantu kenyang lebih lama.

5. Brokoli

Brokoli adalah pilihan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan terutama karena sangat rendah kalori.

Brokoli juga kaya serat dan air yang membantu membuat kamu merasa kenyang dan juga memperlambat pencernaan, yang merupakan cara terbaik untuk membantu menghentikan keinginan ngemil.

6. Oat

Oat dikemas dengan bentuk serat makanan terlarut, beta glucans yang mendukung pencernaan yang sehat dan buang air besar secara teratur. Konsumsi oat juga membantu mencegah kembung.

Beta glukan mendukung pengurangan kenaikan kadar glukosa darah yang terjadi setelah makan. Dengan menjaga kadar glukosa darah tetap stabil, tubuh merasa kenyang lebih lama dan lebih sedikit mengidam manis.

Kombinasikan oat dengan goji berry, kayu manis, susu almond, dan taburi biji labu.

7. Yogurt 

Yogurt adalah sumber protein yang membantu untuk tetap kenyang lebih lama dan rendah gula, namun kaya kalsium.

8. Alpukat

Buah alpukat seringkali dihindari oleh sebagian perempuan karena dianggap sebagai sumber kegemukan.

Faktanya, alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu memuaskan rasa lapar. Selain itu juga mengandung asam amino yang disebut L-carnitine yang digunakan oleh tubuh saat memetabolisme lemak.

Alpukat memberi manfaat penurunan berat badan dengan membantu tubuh terhindar dari rasa lapar. Konsumsi setengah buah alpukat saat sahur adalah cara yang sangat tepat untuk membantu mengelola berat badan.

Contoh Menu Sehat Sahur :

Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih awet dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

- Nasi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.

- Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1

   kuning telur dan buah jeruk.

- Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.

- Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan

  1 kuning dan buah pepaya. (nat/dbs/foto:tipscaralangsing)

 


Back to Top