#RamadhanGuide

Intip Enam Tips Hemat Kelola Uang Selama Ramadhan dan Jelang Lebaran

gomuslim.co.id- Bulan Ramadhan sudah memasuki pertengahan, itu tandanya Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Bagi kaum ibu rumah tangga mengalokasikan pengeluaran perlu dicermati matang-matang agar sesuai dengan budgget yang dimiliki. Jangan sampai setelah Lebaran ada tagihan kartu kredit atau pinjaman yang membengkak sehingga akan menyusahkan diri sendiri.
 
Pola pengeluaran akan banyak berubah dibandingkan dengan pola pengeluaran di luar bulan Ramadhan. Karena itu, diperlukan perencanaan keuangan khusus selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran agar tetap bisa berhemat hingga akhir bulan. gomuslim telah merangkum 6 tips hemat mengatur pengeluaran selama Ramadhan dan menjelang Lebaran;
 
1. Bukber (Buka Bersama)
Momen Ramadhan tidak lengkap tandapa adanya 'Bukber' (Buka Bersama), mulai dari teman SD, SMP, SMA, Kuliah, Kantor dan lain sebagainya. Karena itu mengatur pengeluaran untuk Bukber harus diperhatikan. Jangan sampai buka puasa Anda berujung menjadi pemborosan. Salah satu cara hemat buka bersama adalah menggunakan sistem makan 'sharing'. Misalnya pesanlah satu porsi ikan besar dan menu sayur-sayuran untuk dimakan bersama, hal ini akan mengurangi budgget makan Anda.
 
2. Bingkisan Lebaran
Biasanya, bagi Anda yang memiliki banyak kolega dan saudara, tradisi tukar bingkisan menjadi hal yang wajib. Namun, jika Anda membelinya dalam satu paket di supermarket atau pusat perbelanjaan akan jauh lebih mahal. Solusinya adalah buatlah parsel sendiri, selain harganya yang jauh lebih murah. Dengan membuat parsel seniri akan meningkatkan kreativitas Anda. Namun, jika tidak ada waktu, Anda bisa membeli parcel sebelum menjelang Lebaran karena harganya bisa dua kali lipat, atau gunakan penawaran diskon yang ada.
 
3. Baju Baru untuk Lebaran
Kebanyakan masyarakat Indonesia akan membeli baju baru menjelang Lebaran, hal ini menjadi tradisi setiap tahunnya, padahal membeli baju baru bisa dilakukan tidak hanya saat Bulan Ramadhan atau Lebaran. Anda bisa membeli baju baru sebelum Lebaran karena harga yang ditawarkan tidak semahal jelang Lebaran. Hal ini berlaku dalam membeli peralatan sholat (mukena, sejadah, baju koko). Cara lain untuk menghemat pengeluaran Anda manfaatkan diskon yang ditawarkan oleh departemen store. Atau jika Anda masih memiliki baju yang jarang dipakai dan masih bagus maka kenakanlah yang ada.
 
4. Buat Kue Sendiri
Tidak lengkap rasanya jika Hari Raya tanpa kue Lebaran. Jika Anda seorang yang kreatif dan memiliki waktu luang maka buatlah kue sendiri. Budget membuat kue sendiri lebih kecil daripada Anda membelinya untuk rasa yang enak. Selain menghemat uang belanja, Anda dapat membuat rasa kue seperti selera Anda.

5. Pisahkan Dana Zakat
Sebelum memasuki bulan Ramadhan, baik zakat Fitra maupun zakat Maal sudah mulai dialokasikan. Agar budget bulanan yang Anda siapkan sebelumnya tidak terganggu. Pisahkan pengeluaran zakat di rekening yang berbeda dari sehari-hari atau simpan secara tunai di rumah atau di tempat yang aman. Untuk penyalurannya, Anda bisa menyalurkan ke badan amal zakat atau masjid segera saat memasuki bulan Ramadhan untuk mencegah kemungkinan terpakainya dana tersebut.
 
6. Bijak Alokasikan THR 
Dana THR dapat dianggap sebagai ‘bonus’ untuk memenuhi keperluan Lebaran, jadi jangan digunakan untuk menutupi kebutuhan harian. Alokasikan dana THR untuk kepentingan tambahan, seperti membuat kue kering, membuat menu makanan khas Lebaran, memberikan THR kepada saudara atau keponakan dan mudik. Namun, kembali diingatkan agar menggunakan dana dengan secukupnya tanpa berlebihan. Sehingga Anda tidak perlu meminjam dana THR tambahan.
Saat Ramadhan dan jelang Lebaran, kebutuhan akan beberapa produk pokok memang akan meningkat.
 
Sebaiknya atur anggaran khususnya, agar tetap bisa teratur dan tidak menjadi berlebihan atau pemborosan. Pengeluaran Ramadhan dan Lebaran jangan sampai merusak arus kas keuangan jangka panjang Anda. (nat/dbs/foto:ilustrasi)


Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka