Ini Empat Tips Liburan Hemat Akhir Tahun

gomuslim.co.id - Jelang akhir tahun rencana liburan sudah mulai disusun, daftar tempat wisata juga sudah mulai direncanakan dan tentunya tabungan untuk liburan selama setahun akan segera dihabiskan. Eits, tapi tunggu dulu. Berlibur tidak harus dengan cara yang boros. Ada banyak alternatif untuk memangkas budget pegeluaran kamu menikmati akhir tahun. Apalagi di akhir tahun ini cuaca lagi kurang mendukung sehingga mengharuskan kamu untuk tetap selektif memilih tempat berlibur ke luar kota atau tempat wisata.

Di Panduan kali ini, gomuslim merangkum 4 Tips Liburan Hemat Akhir Tahun:

1.      Quality Time di Rumah

Bagi kamu pekerja kantoran, rutinitas  berangkat pagi dan pulang sore menjadi aktivitas rutin yang cukup menguras energi. Ketika ada hari libur pasti menjadi Quality Time (Q Time) kamu untuk bermalas-malasan di rumah. Ya, Quality Time atau mempergunakan waktu berkualitas adalah hal yang menyenangkan dilakukan untuk megembalikan mood selama sepekan.

Liburan hemat mu bisa dilakukan dengan menghabiskan banyak waktu di rumah untuk sekedar tidur, nonton film, membaca buku, membersihkan aquarium, bermain badminton, atau mencoba resep baru dengan ibu. Ini adalah cara berlibur yang murah dan menyenangkan.

2.      Silaturahmi ke Rumah Saudara atau Kerabat

Dalam Alquran surat An Nisa ayat 1 terdapat perintah silaturahmi: “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan menjaga dan mengawasi kamu.”

Untuk tips kedua, liburan hemat akhir tahun adalah silaturahmi. Seperti yang tercatat dalam Alquran, anjuran silturahmi sangat penting bagi Muslim. Tak hanya baik dari segi agama. Silaturahmi dapat mempererat hubungan kekerabatan antar saudara atau teman. Dengan terciptanya komunikasi yang baik, maka makna liburan yang sesungguhnya akan kamu rasakan dengan sendirinya.  

3.      Berkunjung ke Ekowisata atau Taman Wisata Alam

Bagi kamu yang suka berlibur ke alam terbuka, ada banyak pilihan tempat wisata murah meriah. Salah satunya berkunjung ke Ekowisata atau Taman Wisata Alam di daerah setempat. Dengan merogoh tiket kisaran Rp 5.000 – Rp 25.000 kamu sudah bisa menikmati wisata berlibur yang menyegarkan dan terjangkau. Tak hanya itu, dengan berlibur ke Ekowisata kamu akan mendapatkan sensasi petualangan baru mengeksplor tempat wisata yang mengedepankan konservasi bagi kelestarian alam semesta. Dengan berlibur ke alam bebas akan mengembalikan energi positif dalam tubuh.

4.      Ikut Kegiatan Volunteering di Komunitas

Mengisi liburan tak hanya sekedar merehatkan fisik, tapi juga butuh membutuhkan energi rohani yang dapat mengisi kesehatan jiwa. Dengan melakukan aktivitas positif, mood seseorang dapat  dikembalikan sehingga membuat jiwa penuh dengan pikiran positif.

Salah satu contoh aktivitas sosial yang bisa kamu lakukan adalah mengajar, menanam pohon, menggalang donasi buku, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan kegiatan bakti sosial, maka kamu akan; menambah wawasan dan pengetahuan sosial, menumbuhkan semangat untuk menemukan inspirasi baru, mengembangkan kepribadian dan rasa saling peduli, melatih jiwa kepemimpinan, membentuk Emotional Intelegent Quotien (EQ) dengan melatih kesabaran dan Emosi seseorang, merasakan indahnya berbagi pada sesama, memahami banyak hal dari diri sendiri yang bisa disyukuri daripada dikeluhkan, dan merasa bahagia ketika bisa memberi hal yang bermanfaat pada orang lain. (nat/foto:ilustrasi)

 

Baca juga:

Hijabers, Ini Alternatif Outfit yang Aman dan Nyaman untuk Traveling

 

 

 


Back to Top