#MuslimLifestyle

Ini Tujuh Tips Agar Kuat Puasa Sunah

gomuslim.co.id - Puasa sunnah dalam Islam ada bermacam-macam. Salah satu yang paling populer adalah puasa Senin dan Kamis. Ibadah ini ampuh untuk melatih menekan hawa nafsu. Hanya saja, terkadang menjalankan puasa sunnah banyak godaan dan terasa lebih berat dibandingkan puasa wajib Ramadhan.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739)

Berikut tips agar sahabat gomuslim kuat menjalani puasa sunnah:

1. Makan Sahur

Sahur merupakan persiapan seseorang sebelum puasa. Sahur akan menambah nilai seseorang ketika berpuasa. Jangan sampai saat sudah niat berpuasa, jadi batal karena nggak sempat atau malas sahur dini hari sebelumnya. Melewatkan sahur bisa membuatmu lemas seharian, apalagi jika aktivitasmu bertumpuk dan beragam. Usahakan makan sahur di waktu akhir, agar kuat menjalani puasa seharian.

2. Siapkan Menu Sahur yang Bergizi, mengandung karbohidrat kompleks dan protein tinggi

Puasa itu artinya kamu menahan lapar selama kurang lebih 14 jam (kalau di Indonesia).Agar stamina tetap stabil selama berpuasa, kamu wajib makan-makanan bergizi selama sahur. Setidaknya harus ada karbohidrat kompleks dan makanan berprotein tinggi yang tersaji dalam menumu. Makanan jenis ini akan dicerna tubuh perlahan-lahan, sehingga kamu bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Contoh karbohidrat kompleks berprotein tinggi misalnya beras merah beserta ikan segar. Agar nutrisinya lebih lengkap, kamu bisa tambahkan sayuran hijau. Dengan asupan nutrisi yang tinggi saat malam hari, bukan mustahil kamu bisa tetap nyaman beraktivitas berat pada siang hari.

3. Minumlah air putih 2 gelas saat buka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur

Meskipun hampir 70 % tubuh kita berisi air, gak sedikit orang bilang bahwa hal yang paling susah ditahan saat berpuasa adalah rasa haus dan dehidrasi. Nah, untuk mengantisipasi ini, kamu bisa coba minum air putih 8 gelas sehari. Memang tidak ada aturan ilmiah untuk minum minimal sekian gelas sehari, namun minum 8 gelas jelas bisa mencegahmu dari dehidrasi.

Agar kamu tak merasa kembung, “cicil”-lah jumlah gelas yang harus kamu minum dengan pola 2+4+2. Intinya, konsumsi air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat akan tidur malam, dan 2 gelas lagi saat sahur. Jika pola ini kamu terapkan dengan taat, gak heran kamu akan tetap semangat saat berpuasa!

4. Jangan Lupa minum vitamin

Untuk menjaga metabolism tubuh dan tetap bugar beraktiviats selama puasa, sahabat gomuslim bisa minum vitamin sebelum tidur atau saat sahur. Selain vitamin, madu atau kurma juga bisa menjadi pilihan. Selain memang dianjurkan nabi Muhammad, madu dan kurman memang memiliki kandungan vitamin dan zat-zat yang baik untuk tubuh.

5. Motivasi Diri Bahwa Puasa Memiliki Banyak Manfaat

Orang terkadang mengurungkan niat berpuasa karena takut menjadi lemas seharian atau takut pekerjaan terganggu karena rasa lapar yang melanda. Namun, perlu kamu tahu bahwa puasa itu sebenarnya justru membuatmu lebih sehat. Pola makan sahur dan berbuka efektif untuk mengistirahatkan lambung.

Selain itu, metabolisme tubuh juga menjadi lebih luwes karena puasa bisa menyebabkan penyerapan nutrisi lebih optimal. Jadi tubuhmu sebenarnya butuh untuk puasa. Nah, masih ragu puasa? Itu hanya pikiranmu saja. Karena tubuhmu suka dengan hal yang kamu niatkan.

6. Kerjakan hal-hal positif selama berpuasa

Meski menahan lapar dan haus, bukan berarti dipakai untuk tidur seharian. Tetapi bisa juga memanfaatkan waktu disela-sela kesibukan dengan hal positif. Misalnya dengan membaca Alquran atau mengerjakan tugas-tugas tertunda, Membaca Buku, Berdzikir, atau bersedekah.

7. Ajak Orang Terdekat Ikut Puasa Sunnah

Menjalani puasa Senin-Kamis akan terasa lebih berat disbanding puasa ramadhan. Karena tidak semua muslim melakukan ibadah puasa sunnah ini. Mengajak orang terdekat seperti keluarga, saudara, teman untuk ikut berpuasa sunnah bisa membuatmu lebih kuat.

Puasa Senin-Kamis adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Jika kamu rutin melakukannya, kesehatanmu menjadi lebih prima dan  jiwamu lebih tenang.

Adapun manfaat puasa untuk kesehatan fisik adalah sebagai berikut:

1. Membantu Memperbaiki Kondisi Medis

2. Menyehatkan Jantung

3. Mengurangi Risiko Kanker

4. Mempercepat Metabolisme

5. Memperpanjang Usia

 

Yuk, mulai rutinkan puasa sunnah sebagai lifestyle kita umat Muslim!

 

Wallahu a’lam bishowab.

-dari berbagai sumber.

 

 Baca juga:

Ini Ragam Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Tubuh Manusia


Back to Top