#HalalTripToThailandWithCheriaHoliday

Hari Pertama di Thailand, Mencicipi Makanan Halal di Mal Ramah Muslim Kota Bangkok

gomuslim.co.id Sahabat gomuslim, siapa yang berencana pergi wisata ke negeri Gajah, Thailand? nah, di tulisan Perjalanan kali ini, gomuslim akan berbagi cerita tentang pengalaman wisata halal bersama Cheria Holiday selama empat hari mulai Selasa sampai Jumat, (24-27/09/2019). Cerita perjalanan ini bisa menjadi rekomendasi halal trip ke Thailand terkait destinasi ramah muslim di negera gajah tersebut. Yuk ikutin terus updatenya di gomuslim.co.id!

Hari Pertama Halal Trip ke Thailand

Pada kesempatan kali ini, Cheria Holiday mengajak delapan orang untuk ikut grup tur ke Thailand. para peserta tur ini berasal dari para pemenang lomba vlog yang diselenggarakan Cheria beberapa waktu lalu, para pemenang doorprize acara bedah Buku karya CEO Cheria Holiday, Cheriatna, dan undangan media, yaitu kepada media online gomuslim.

Perjalanan bermula di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa, (27/09/2019). Kami berangkat dengan Flight Thai Lion Air pukul 06.30 pagi waktu Indonesia. Waktu empat jam perjalanan di pesawat tidak terasa, karena kami tertidur selama perjalanan.

Kami tiba di Bandara Don Mueang International Airport sekira pukul 10.30 waktu  setempat. Setelah itu, kami mengurus data pribadi di bagian imigrasi dan menuju ke luar bandara untuk dijemput tour guide lokal bernama Mr. Mark yang akan memandu perjalanan kami selama di Thailand.

Pada awal tiba di Kota Bangkok, kami diajak untuk makan siang di salah satu Mal atau pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bangkok, yaitu MBK Mal. Selama perjalanan sekira satu jam menuju Mal tersebut, kami diajak berbincang tentang Thailand bersama Mr. Mark yang ternyata bisa berbahasa Indonesia dan juga seorang Muslim.

Mr. Mark yang berasal dari Desa Pattani, Thailand ini bercerita tentang sejarah singkat kota Bangkok.

“Penduduk Thailand saat ini sekira berjumlah 6.5 sampai 7 juta jiwa dengan 90 persen beragama Budha dan Muslim 5 persen. Karena itu, kami di sini adalah minoritas, tapi jangan khawatir karena kami respect dengan agama masing-masing. Tapi, sayangnya kami tidak punya libur panjang seperti kalian di Indonesia saat Idul Fitri atau Idul Adha. Liburan panjang di Thailand disebut hari Sokran yang hanya setahun sekali, karena itu untuk hari raya, tak hanya untuk muslim, Tahun baru Imlek misalnya itu juga tidak libur,” cerita Mr. Mark.

Perjalanan menuju Mal MBK jadi menyenangkan, karena Mr. Mark menjelaskan dengan santai kepada kami selama perjalanan di dalam mobil Elf untuk rombongan tur Cheria Holiday ini.

Setiba di Mal yang dituju, kami diajak menikmati makan siang di MBK Mal, Bangkok. Salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di pusat kota ini disebut-sebut sebagai mal yang ramah muslim traveler.

Baca juga:

Kini Thailand Kembangkan Inovasi Wakaf Produktif

 

Dari pantauan gomuslim, sebagai salah satu peserta grup tur bersama Cheria Holiday ini di lantai foodcourt terdapat beberapa pilihan menu makanan halal.

Salah satu menu yang para peserta coba adalah Curried Chicken with Saffron Rice. Makanan ini berisi nasi kuning khas makanan melayu dan ayam dengan bumbu kari seharga 55 bath atau sekira Rp 25.000. Tak hanya makanan halal, Mal ini juga dilengkapi dengan ruang salat yang terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

“Makanan halalnya enak dan murah meriah, kita harus tuker kartu makan gitu diawal, tapi kalau sisa, kita bisa refund di kasir. Tapi, untuk toilet, sayangnya di sini tidak ada air, jadi kita pakai tisu toilet. Alhamdulillah kami ke toilet setelah salat ya jadi lebih tenang tadi,” kata Jehan, salah satu peserta tur asal Palembang.

Untuk diketahui, MBK Center dikenal sebagai Mahboonkrong dalam bahasa Thailand adalah pusat perbelanjaan besar di Bangkok, Thailand. Di delapan lantai, pusat ini berisi sekitar 2.000 toko, restoran, dan outlet layanan, termasuk toserba Tokyu 4 lantai.  Manajemen MBK Center melaporkan jumlah pengunjung harian lebih dari 100.000, setengah dari mereka adalah orang muda Thailand dan pengunjung asing ketiga.

Setelah shalat dan makan siang, kami diberi waktu untuk berbelanja di sekitar MBK Mal. Saya mencicipi es kelapa khas Thailand di bazar sebrang MBK Mal yang ternyata di sana juga terdapat makanan khas Thailand lainnya, seperti seafood bakar. Tapi, bazar ini tidak direkomedasikan Mr. Mark, karena banyak yang non halal atau tidak ada tulisan imbauan tentang makanan halalnya.

Beberapa peserta tur ada yang membeli beberapa barang murah seperti jaket, paket makanan dan minuman bungkus khas Thailand seperti thai tea dan jaket. Setelah itu pada pukul 15.00 waktu setempat, kami diajak menuju hotel pertama yang menjadi tempat kami beristirahat malam dan sarapan esok pagi. Karena Rabu, (28/09/2019) kami akan mendapatkan jadwal yang cukup padat untuk ke destinasi wisata kota Bangkok dan sore harinya ke Pattaya, Thailand.

Ikuti terus cerita perjalanan #HalalTripToThailandWithCheriaHoliday!

 

 

 Baca juga:

Muslim Travelers, Ini Mal Ramah Muslim di Bangkok Thailand


Back to Top