#HalalTripToThailandWithCheriaHoliday

Traveling di Kota Pattaya: Berkunjung ke Nong Nooch Village dan Makan Siang di Amir Halal Restaurant

gomuslim.co.id Kamis pagi, (26/09/2019), grup tur Cheria Holiday sarapan pagi di restoran halal dalam T Six 5 Hotel. Makanan halal di sini mengusung konsep buffet alias prasmanan. Saya dan teman-teman grup tur dihidangkan dengan beragam pilihan makanan sarapan pagi, mulai dari nasi goreng dengan beragam lauk pauk khas Thailand, bubur ayam, sereal, buah, dan juga salad. Tak begitu banyak berbeda dengan  hidangan khas hotel lainnya. Tapi, yang paling penting adalah, ini adalah salah satu hotel dan resto halal di kota wisata Pattaya, Thailand.

Setelah sarapan pagi dan check out dari hotel, kami berangkat menuju Nong Nooch Village, sebuah destinasi wisata taman Bunga yang juga dilengkapi dengan Show Thai Dance dan Elephant show.

Mr. Mark, tour guide kami selama di Thailand mengatakan taman bunga ini menjadi taman Bunga tropis terbesar di ASEAN yang dimiliki oleh salah satu orang terkaya di negeri ini. Taman Bunga ini terdiri dari 800 jenis bunga dan pengunjung bisa menonton pertunjukan gajah dan tarian khas Thailand.

Sampai di Nong Nooch Village, kami diberi waktu untuk menikmati suasana taman bunga dengan berfoto di beberapa spot di sini. Taman bunga di kota wisata Pattaya ini juga memberi pengalaman pengunjung yang ingin berfoto bersama harimau atau naik gajah mengelilingi taman bunga.

Selanjutnya, pada pukul 10.30, kami diberi dua tiket show, yaitu Show Thai Dance dan Elephant show. Pertujukan pertama, para pengunjung dimanjakan dengan penampilan tarian tradisional khas Thailand dengan beragam cerita berbahas Thailand, meski diselingi dengan bahasa Inggris, tapi tidak begitu jelas terdengar oleh kami. Tapi pengunjung masih bisa menikmatinya. Apalagi, para penari tersebut menampilkan kebudayaan khas Thailand, mulai dari ornament kerajaan sampai baju-baju adat Thailand yang khas.

Setelah pertunjukan tari, kami berpindah studio, yaitu ke Elephant show. Meski tempatnya agak bau, karena menjadi tempat pertunjukan gajah, tapi pengunjung masih bisa menikmati pertunjukan dengan pilihan tempat dudk seperti sebuah stadion. Di tempat ini, kami disuguhkan pertunjukan gajah yang sudah dilatih dengan beragam keahliannya yang beberapa juga melibatkan penonton untuk ikut dalam pertujukan. Pengunjung juga bisa memberikan makanan (pisang) kepada gajah, dengan membelinya kepada petugas di area samping stadion.

Makan Siang di Restoran Halal Pattaya

Waktu makan siang tiba. Kami berangkat menuju Amir Restaurant (set menu halal).  Ini adalah restoran bergaya Melayu khas Thailand yang berkonsep set menu halal. Masing-masing meja tamu dibuat melingkar dengan satu meja bisa untuk empat sampai tujuh orang. Meja tersebut diisi dengan beragam makanan khas Thailand, seperti tom yam isi sea food, telur dadar, ayam bumbu manis, dan sayu-sayuran.

Tak hanya makanan halal, Amir Restaurant juga menyediakan beberapa souvenir oleh-oleh yang bisa didapatkan di dalam resto. Bagi muslim traveler yang ingin melaksanakan salat, di sebrang resto ada Masjid yang sangat terkenal di Kota wisata ini, yaitu Toatillah Mosque. Karena itu, resto ini menjadi pilihan yang tepat bagi muslim traveler di Kota Pattaya untuk makan siang  sekaligus salat di masjid.

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Ini Pilihan Resto Halal di Pattaya Thailand

 

Kepada peserta tur, Mr. Mark, tour leader kami selama perjalanan di Thailand mengatakan muslim traveler di kota Pattaya harus tetap berhati-hati dalam memilih tempat makan halal.

“Sebenarnya, di Pattaya ini hanya ada empat resto halal yang resmi bersertifikat dari Pemerintah. Dua di antaranya yang kita datangi ini. Kalau yang lain sebenarnya ada beberapa di pinggir-pinggir jalan sepanjang Pattaya Beach, tapi itu belum bersertifikat resmi, bahkan kadang ada yang resto India dan Arab yang juga menjual alkohol di dalamnya,” jelas Mr. Mark.

Setelah makan siang, kami berangkat lagi menuju destinasi selanjutnya, yaitu Erawadee Herb shop dan Toscano Leather. Erawadee Herb shop adalah tempat produk-produk herbal khas Thailand dijual. Khusus untuk turis, tempat ini juga menyediakan tour guide plus presentasi tentang obat-obat herbal yang dijual. Kami diajak mencoba beberapa produk herbal di tempat ini, mulai dari minyak angin sampai hand body herbal. Sedangkan, di area luar, tempat ini menyediakan beragam produk herbal untuk beragam jenis penyakit dan kegunaan. Salah satu yang khas adalah minyak angin herbal untuk  kesehatan yang bisa diminum.  Setelah itu, kami pergi ke Toscano Leather. Tempat ini juga wajib dikunjungi turis di Thailand. Toko ini menjual beragam produk, mulai dari tas, jaket, sampai sepatu yang terbuat dari kulit hewan.

 

Sebelum kembali ke Bangkok, destinasi terakhir yang kami singgahi di kota wisata ini adalah Pattaya View Point. Tempat ini menyuguhkan pemandangan kota Pattaya dengan pantai dan gedung-gedung dari atas. Tempat ini menyediakan jasa foto yang langsung dicetak. Tapi, kami memilih untuk berfoto dengan kamera dan handphone masing-masing. Pemandangan Pattaya dari atas menyejukkan mata dan menjaid spot foto yang oke untuk menjadi kenang-kenangan pernah singgah di kota ini.

Kembali ke Bangkok dan Makan Malam di Zayn Hotel

Setelah selesai berkeliling di beberapa destinasi wisata kota Pattaya, kami melakukan perjalanan untuk kembali ke kota Bangkok. Di perjalanan, kami juga singgah di toko makanan kering yang menjual beragam produk, seperti rumput laut kering khas Thailand, asinan mangga, bumbu tom yam, sampai camilan kelapa kering. Traveler yang singgah di toko ini harus jeli melihat diskon dan harga yang tertera, siapkan kalkulator digital untuk menghitung kurs bath dan rupiah, agar tidak boros mengeluarkan uang untuk belanja.

Grup tur Cheria Holiday tiba di Bangkok malam hari. Sebelum check in di hotel Aunchaleena. Kami makan malam di  Zayn Hotel (buffet halal).  Berlokasi di lantai tiga hotel ini, ada restoran halal dengan konsep buffet yang menyediakan beragam menu kkhas Thailad, salah satu yang menjadi perhatian saya adalah ketan mangga khas Thailand yang enak, beragam menu lauk, seperti sup udang dan nasi goreng khas Thailand.

Terakhir, kami kembali ke hotel pertama di kota Bangkok yang kami singgahi sebelumnya, yaitu hotel Aunchaleena. Di hotel ini, kami menginap satu malam, untuk esok harinya pergi ke beberapa tempat wisata lagi dan sore hari berangkat menuju bandara dan pulang ke Indonesia dengan flight jam 19.30 malam.

 

Ikuti terus cerita perjalanan #HalalTripToThailandWithCheriaHoliday!

 

Baca juga:

Hari Pertama di Thailand, Mencicipi Makanan Halal di Mal Ramah Muslim Kota Bangkok


Back to Top