#GlobalWakaf ACT

Patungan Wakaf Sumur Bersama Aksi Cepat Tanggap, Manfaat Melebihi Batas Umur

gomuslim.co.id- Satu lagi program kemanusiaan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT). Lewat Wakaf Sumur, masyarakat diajak untuk ikut berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat yang manfaatnya terus berjalan atau berkelanjutan. Berikut adalah deskripsi program Wakaf Sumur dan Wakaf Ternak ACT:

Wakaf Sumur

Wakaf sumur merupakan wakaf yang dikelola dalam bentuk penyediaan sumur beserta kelengkapannya hingga dapat mengalirkan air yang layak dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk menopang kehidupan masyarakat khususnya di daerah yang sering dilanda kekeringan, tidak memiliki akses air bersih yang layak, jauh dari sumber air, dan sebagainya.

Wakaf sumur memberikan solusi tanggap darurat ketika terjadi kekeringan sekaligus menjaga ketersediaan air bersih dan air untuk kebutuhan hidup secara terus menerus.

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. Tanpa adanya air, sulit bagi makhluk hidup, terutama manusia, untuk dapat bertahan hidup. Oleh karena itu, memberikan air sama dengan memberikan kehidupan bagi orang lain dan menjaga keberlangsungan hidupnya. Oleh karena itulah, memberikan atau bersedekah air merupakan amal utama.

Dalam suatu kesempatan, Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama? Beliau menjawab, Memberi air. (Shahih Abu Daud).

Wakaf Tunai Anda akan digabungkan dengan wakaf tunai dari wakif (donatur wakaf) lainnya dan ACT akan menyalurkan Wakaf dalam bentuk sumur beserta kelengkapannya (ketika telah terpenuhi minimal mencukupi untuk 1 sumur) hingga dapat mengalirkan manfaat berupa air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selama tahun 2016 hingga kini, wakaf sumur berhasil merambah 17 propinsi di Indonesia. Sumur telah dibangun pada 50 kota atau Kabupaten, tersebar di 78 Kecamatan dan 96 Desa yaitu di propinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Gorontalo, Maluku, Bengkulu, Kalimantan Barat dan Riau.

Lokasi-lokasi implementasi wakaf sumur (wilayah yang saat ini membutuhkan akses air bersih) diantaranya : Jawa Tengah (Blora, Pati, Rembang, Purwodadi, Banjarnegara, Tegal, Grobogan), Nusa Tenggara Timur (Manggarai Timur, Kab. Alor, Kab. Timor Tengah Selatan, Attambua, Pulau Kera), DI Yogyakarta (Gunung Kidul, Sleman, Magelang, Kulonprogo, Klaten), Nusa Tenggara Barat (Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Sumbawa, Mataram), Jawa Barat (Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Majalengka, Kab. Sukabumi, dll), Banten (Kab. Lebak, Kab Serang, Kab. Pandeglang, Kab. Tangerang, Ciwandan (Cilegon) dan sekitarnya), dan lainnya.

Aksi Cepat Tanggap berwenang menentukan waktu serta lokasi prioritas penyaluran Wakaf Sumur

Anda akan mendapatkan laporan umum penyaluran wakaf sumur melalui email setelah program dijalankan (wakaf disalurkan).

Terima kasih atas kepedulian Anda terhadap sesama. Semoga Allah membalas Wakaf Anda dengan pahala yang terus mengalir seperti halnya air yang terus mengalir menopang kehidupan masyarakat.

Untuk pembaca yang ingin mendaftar program Wakaf Sumur bisa klik link berikut ini:

www.gomuslim.co.id/act_wakaf_sumur

 

 Tentang ACT:

ACT for Humanity, Aksi Cepat Tanggap (ACT): Ini Langkah Pasti Lembaga Kemanusiaan 'Care For Humanity'