#HalalFoodies (1)

Ini Pilihan Menu Lezat Khas Timur Tengah dan Kekinian ala 'The Halal Guys'

gomuslim.co.id - Bicara soal makanan kekinian Timur Tengah berkonsep cassual halal resto di Jakarta, nama The Halal Guys cukup populer.  Di Jakarta sendiri, sudah terdapat dua cabang, tepatnya di Senayan City lantai 5 dan, Grand Indonesia Lantai 5, Jakarta Pusat.

The Halal Guys dibuka pertama kali pada 1990 di New York, Inggris oleh tiga orang imigran asal Mesir yakni Mohammed Abouelenein, Abdelbaset Elsayed, dan Ahmed Elsaka. Pada awalnya mereka menjual hot dog di West 53rd dan 6th Avenue, New York City (NYC).

Banyak warga hingga pengemudi taksi di New York yang membeli hot dog dagangan mereka. Dari sanalah timbul ide untuk membuka gerai makanan halal, berhubung banyak pengemudi taksi di New York adalah imigran beragama Islam.

Kemudian, mereka menciptakan dua hidangan khas yang kini mendunia, yakni platter dan gyro. Dari gerai kaki lima di NYC, The Halal Guys kini punya 41 cabang franchise yang tersebar di berbagai negara.

The Halal Guys telah memiliki cabang di banyak negara bagian Amerika Serikat, di antaranya; Nevada, California, Illinois, Washington DC, Georgia, Pennsylvania, juga Texas. Sedangkan beberapa negara lainnya, ada; Kanada, Filipina (Manila), Malaysia (Kuala Lumpur), dan Indonesia (Jakarta).

Berbagai menu yang disajikan pun turut menggugah selera, gomuslim telah merangkum empat menu andalan The Halal Guys:

1. Combo Platter

Adalah satu piring dengan isian lengkap. Mulai dari nasi (orange rice), sayuran (lettus, dan tomat), pita bread, white sauce dan hot sauce. Serta yang menjadi andalan adalah topping daging ayam bercitarasa rempah atau beef gyro (daging sapi yang diolah ala kebab kemudian diiris kecil). Combo Platter disajikan dalam piring alumunium, sehingga jika Anda makan tidak habis, bisa ditutup kembali untuk dibawa pulang. Harga satu porsinya dibandrol Rp 55.000 (ukuran sedang), dan Rp 80.000 (ukuran besar).

2.  Sandwich

Sajian pita bread berisi sayuran dengan topping ayam, gyro, atau boleh pula dicampur keduanya. Tambahan white sauce dan hot sauce membuat hidangan ini menjadi spesial. 

3. Baklava

Sejenis makanan ringan atau dessert di kawasan Turki yang terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang, kemudian diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis berlampis. Seporsi Baklava Rp 25.000.

4. Side Dish

The Halal Guys juga menyuguhkan Side Dish alias makanan pendamping khas Timur Tengah. Mulai dari Hummus, Baba Ghanouj, Taboulah, dan Falafel. Masing-masing menu dibandrol dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Ada pula French Fries, Extra Rice, dan Extra Sauce dengan tambahan harga mulai Rp 11.000 hingga Rp 20.000.

 


Back to Top