Ini Delapan Program Unggulan Badan Wakaf Al Qur’an

gomuslim.co.id – Selain zakat dan sedekah, umat muslim juga dianjurkan untuk berwakaf. Hukumnya memang sunnah, tapi misinya adalah untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat yang manfaatnya berlangsung terus menerus. Seperti yang dilakukan Badan Wakaf Al-Quran (BWA), karena wakaf tak hanya dengan tanah kuburan atau masjid saja.

Tentang BWA

Badan Wakaf Al Qur'an adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Badan Hukum Perkumpulan (BHP).

Visi:

Menjadi lembaga filantropi wakaf profesional, yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah untuk kemashlahatan kaum muslimin dan masyarakat.

Menjadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup Muslim

Misi:

Menyalurkan Al Qur'an kedaerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah.

Mengajarkan Al Qur'an dengan metode yang membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

Memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf

 

Berikut adalah 8 Program Badan Wakaf Al-Quran:

Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan

Wakaf Al Qur'an akan distribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Badan Wakaf Al Qur'an.

Program pertama dan utama di Badan Wakaf Al Quran (BWA), Wakaf Al Quran dan Pembinaan (WAP). Sejak didirikan 10 tahun yang lalu sampai April 2017 Ini, BWA berhasil Mengumpulkan dan Mendistribusikan 225.526-an Mushaf Al Quran Wakaf. Mulai dari ujung timur Papua hingga ujung Barat Sumatera, BWA berhasil menelusuri daerah-daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan untuk meninggalkan jejak dengan silaturrahiim dan Al Quran.

Water Action for People

Adalah program wakaf untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia.

Tujuan (Goals)

Membangun sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih.

Membina masyarakat pemetik manfaat dari wakaf sarana air bersih ini dengan pengetahuan sanitasi, pendidikan dan ke Islaman.

Tebar Cahaya Indonesia Terang

Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf Anda cerahkan masa depan mereka. Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara.

Tujuan (Goals)

Membangun sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro.

Membina masyarakat pemetik manfaat dari wakaf cahaya listrik  ini dengan pengetahuan ke Islaman, pemberdayaan ekonomi dan pengetahuan teksnis untuk pemeliharaan sarana pembangkit listrik tersebut.

 

Wakaf Khusus

Merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil. Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil sana.

Dengan program Wakaf Khusus ini, BWA berusaha memahami, mendalami dan mencari solusi dari persoalan masyarakat di daerah terpencil tersebut. Kemudian BWA merancang strategi penggalangan dana dari wakif dan donatur agar project tersebut dapat terealisasi. Project solutif tersebut antara lain; transportasi darat dan laut utk para da’i untuk menjangkau daerah yang terpencil, penyediaan sarana penangkapan ikan bagi nelayan dan lain-lain berupa pembangunan infrastruktur masyarakat yang bersifat mendasar (asasi).

Alhamdulillah, Program Wakaf Khusus yang digagas oleh Badan Wakaf Alquran ini telah sukses -dengan ijin Allah- merampungkan pembuatan 2 buah Kapal Dakwah. Pertama, Kapal Dakwah Papua yang selesai pada 2009 silam. Dan kedua, Kapal Dakwah Nelayan NTT yang baru saja diresmikan pelayarannya pada 8 April 2013.

Zakat Peer To Peer

100% zakat Anda diterima oleh mustahik penerima zakat tanpa dipotong untuk operasional BWA. Lebih Manfaat dan sesuai Syariah.

Indonesia Belajar

Indonesia Belajar adalah salah satu program dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) untuk membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikannya agar kembali bersekolah.

Visi Indonesia Belajar

Sekolah adalah kehidupan anak-anak dan masa depan mereka. Indonesia Belajar berusaha menghadirkan kehidupan sekolah bagi anak Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama untuk meraih cita-cita.

Misi Indonesia Belajar

Membantu biaya pendidikan dan mengembalikan anak-anak ke sekolah

Membangun kesadaran kolektif pentingnya pendidikan

Kegiatan Utama

Penghimpunan donasi pendidikan

Penyaluran donasi kepada anak yang membutuhkan

Wakaf Produktif

Wakaf Produktif: Selalu Alirkan Manfaat Dunia Akhirat

Dalam program ini, BWA memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan.

Kemudian, BWA dengan menggandeng partner lapang mengembangkannya agar produktif dengan tetap memperhatikan aspek keekonomian dan profesionalitas. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi saudara Muslim lainnya seperti masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya

Sedekah Kemanusiaan

Sedekah Kemanusiaan Sedekah kemanusiaan adalah Program Terbaru dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang meliputi 3 kegiatan. Sedekah Kesehatan, untuk membantu mereka yang kekurangan biaya dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. Life Divan, adalah pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau Santri di Ponpes Tradisisonal Rumah Bambu, renovasi rumah tidak layak huni dengan inovasi penggunaan teknologi bambu. Sedekah Kesehatan

Sehat adalah hak setiap orang, baik ia kaya ataupun miskin. Apabila terlanjur jatuh sakit maka setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan hingga ia kembali sehat. Karena biaya berobat terkadang mahal, banyak orang terutama dikalangan masyarakat kurang mampu yang mengabaikan hak sehatnya. Mereka rela tidak mendatangi Rumah Sakit atau Dokter dengan alasan tidak memiliki anggaran untuk biaya berobat.

Dari sinilah muncul anggapan “Orang Miskin Dilarang Sakit”.  Anggapan yang keliru tentunya.  Muncul anggapan ini karena mereka sulit mengakses kesehatan murah yang berkualitas. Di sisi lain, jaminan kesehatan gratis yang disediakan pemerintah, pada prakteknya masih terkendala banyaknya permasalahan.

Atas dasar itulah kami Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) hadir  melalui program Sedekah Kesehatan untuk membantu memberikan kemudahan kepada pasien yang kurang mampu tadi kesempatan mendapatkan pelayanan Kesehatan Berkualitas, sehingga secara perlahan anggapan “Orang Miskin Dilarang Sakit” akan hilang dengan sendirinya.

 

Alamat :

Jl. Tebet Timur Dalam I. No.1

Tebet, Jakarta Selatan, 12820

Email : admin@wakafquran.org

Website: www.wakafquran.org

 


Back to Top