UNO Syariah, Game Edukasi Ekonomi Islam nan Kreatif dan Kekinian

gomuslim.co.id - Untuk menjawab peluang sekaligus tantangan geliat perkembangan ekonomi Islam di Indonesia saat ini, kelima mahasiswa Institut Pertanian Bogor yakni Retno (Ilmu Ekonomi Syariah), Annissa (Ilmu Ekonomi Syariah), Utami (Ilmu Ekonomi Syariah), dan kedua rekan yang berasal dari non Ilmu Ekonomi Islam yaitu Nunuh dan Nurkholis menginisiasi suatu inovasi media pembelajaran kekinian bernama “US” UNO Syariah.

Lahirnya Gagasan

Ide ini awalnya berangkat dari kesadaran para punggawa bahwa saat ini perkembangan industri keuangan dan ekonomi Islam sudah tidak perlu diragukan ini, salah satunya ditandai oleh semakin menjamurnya lembaga keuangan syariah (LKS) baik bank maupun bank yang didirkan, serta kian variatifnya produk pelayanan jasa keuangan syariah yang ditawarkan.

Sayangnya, pertumbuhan industri yang kian pesat, belum benar-benar dibarengi oleh tingkat inklusi dan literasi masyarakat terhadap keuangan syariah yang masih rendah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa pada tahun 2016 terdapat gap yang cukup jauh antara indeks literasi keuangan konvesnsional yang telah mencapai 29.66%, dibandingkan dengan indeks literasi keuangan yang baru mencapai 8.11%.

Karena itu, dalam rangka mengakselerasi literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah “US” UNO Syariah hadir sebagai media pengenalan dan edukasi ekonomi syariah yang kreatif dan interaktif serta cocok untuk usia anak-anak hingga para milenial.

Urgensi lain yang ditawakan oleh “US” UNO Syariah yakni mendorong terjalinnya kembali interaksi sosial di kalangan anak-anak dan remaja. Asosiasi Pengguna Jasa Internet pada tahun 2016 mencatat bahwa dari totial pengguna internet di Indonesia, 18.40% di antaranya merupakan kalangan anak-anak dan remaja usia 10-24 tahun yang dimana 52% di antaranya sudah menggunakan telepon seluler dan smartphone.

Meskipun di era ini pengaruh teknologi (gadget) dan internet sudah terbilang sangat sukar dihindari, namun tetap ada risiko dari penggunaan gadget dan dan akses internet yang dilakukan secara berlebihan yakni efek kecanduan yang dapat menyebabkan anak-anak dan remaja ini kurang interaksi sosial secara langsung. Padahal sebagai makhluk sosial, hal ini penting dijaga khususnya untuk mengasah keterampilan emosional antar sesama manusia.

Berdakwah Sambil Bermain

Permainan ini didesain dengan kreatif dalam bentuk kartu yang di dalamnya menerangkan nilai-nilai ekonomi syariah mulai dari hal-hal mendasar hingga aplikasinya dalam aktivitas mu’amalah sehari-hari. Saat ini “US” UNO Syariah telah hadir dalam 3 edisi yakni edisi Ekonomi Islam (level basic dan advance), Seri Perbankan Syariah serta Seri Halal Lifestyle atau secara rinci sebagai berikut:

1. Basic Level (pemahaman dasar mengenai praktik mu’amalah sehari-hari), seperti:

-Jual beli sesuai syariah

-Etika utang-piutang

-Bisnis syariah

-Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS)

 

2. Advance Level (peningkatan pemahaman mengenai akad-akad ekonomi Islam yang populer digunakan dalam aktivitas mu’amamalah), seperti:

-Mudharabah

-Musyarakah

-Ijarah

-Murabahah

3. Perbankan Syariah (memperkenalkan ciri khas bank syariah, operasional bank syariah, serta bahaya riba)

-Riba dan Bagi Hasil

-Mengenal Akad

-Bank Syariah

-Operasional Bank Syariah

 

4. Halal Lifestyle (memperkenakan sub sektor industri halal yang paling populer kontribusinya di dunia)

-Halal food

-Halal finance

-Halal travel

-Halal fashion

Perkembangan UNO Syariah

Permainan kartu ini terus berkembang dengan variasi permainan yang dilakukan dalam rangka menjawab perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah dari waktu ke waktu, salah satunya seperti di bidang industri halal yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh berbagai negara di dunia. Terlebih lagi pada tahun 2019 ini “US” UNO Syariah akan meluncurkan seri terbaru yakni mengenai Perbanksan Syariah.

 Sejak berada di bawah naungan Kemenristek Dikti RI pada tahun 2017, inovasi ini telah dikenalkan ke berbagai sekolah, komunitas sosial, dan mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia sebagai salah satu program pengabdian masyarakat (PKM-M) yang didanai sekaligus telah meraih penghargaan pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30.

Menginjak kiprahnya di tahun ketiga, para punggawa US UNO Syariah kini semakin membuka diri untuk melakukan berbagai kolaborasi baik dengan lembaga, organisasi, hingga komunitas dalam rangka menginisiasi kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya khususnya di Bulan Ramadhan. Selain tentunya untuk menjalin ukhuwah islamiyah yang lebih luas lagi, tetapi juga agar nilai nilai ekonomi Islam terus dapat konsisten digaungkan kepada masyarakat luas. (retno/uno/dbs)

Informasi dan Kontak:

No tlp  : 085773256197

Instagram: @unosyariah

Find "US": Shopee, Tokopedia, Halalstore

Pembelian dan Penyewaan "US":  bit.ly/2PETSej  

 


Back to Top