CariUstadz.id, Platform Digital Permudah Umat Temukan Ustadz

gomuslim.co.id – Perkembangan teknologi di era digital memudahkan masyarakat dalam mengakes banyak hal, termasuk mencari penceramah agama atau ustadz. Kini, umat Islam Indonesia punya pilihan baru dalam menemukan ustadz ramah dan kompeten melalui situs cariustadz.id.

Selain laman website, cariustadz.id juga kini sudah hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Playstore secara gratis. Di situs dan aplikasi ini, masyarakat dapat mencari profil ustadz dan ustadzah yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.   

gomuslim berkesempatan mewawancarai inisiator program dan ketua cariustadz.id, KH. Dr. Ali Nurdin, MA. Ia menjelaskan pada awalnya website cariustadz.id dibuat karena ada permintaan dari masyarakat untuk mendapatkan ustadz yang kompeten di bidang agama.

Di saat yang sama, ustadz yang dibutuhkan adalah mereka yang bisa menjadikan umat lebih baik, menyejukan, sesuai dengan ajaran-ajaran Islam rahmatan lil ‘alamin, Islam moderat (wasathiyah), serta memiliki wawasan kebangsaan yang luas.

“Kita menangkap kegalauan dari umat. Akirnya kemudian kita dari Pusat Studi Alquran (PSQ) punya inisiatif untuk menyediakan daftar sekian ustadz yang bisa membantu mereka. Awalnya hanya berbentuk web saja, ini lho kalau mau dengan spesifikasi, kemampuan dan untuk acara apa saja,” ujarnya dalam Dialog Membumikan Moderasi Islam dalam Dakwah di Pesantren Bayt Alquran, Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan, Rabu (31/07/2019).  

Dosen Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta ini menuturkan cariustadz.id merupakan kelanjutan dari PSQ yang sudah 15 tahun menyelenggarakan berbagai macam program dalam menyebarkan Islam yang moderat dan membumikan nilai-nilai Alquran di tengah masyarakat majemuk. Namun kali ini dalam bentuk penyediaan ustadz atau ustadzahnya.

Mudahkan Umat Temukan Ustadz

Diluncurkan sejak 9 Mei 2019, tujuan utama dari cariustadz.id adalah untuk memudahkan dan membantu umat memperoleh ustadz yang memenuhi dua kriteria. Pertama, punya kompetensi di bidang agama. Kedua, punya pemahaman agama yang bersifat moderat. Kedua kriteria ini juga menjadi tujuan utama dari PSQ.

“Kami tidak membatasi pengguna. Setiap umat, siapa saja yang ingin memanfaatkan anggota di cariustadz.id, silahkan. Bisa individu, komunitas, perkantoran, atau masjid. Baik yang umum maupun yang khusus, kita tidak membatasi. Kita memilih, memverifikasi ustadz yang memenuhi kriteria tadi di cariustadz,” katanya.

Saat ini, daftar ustadz yang tersedia di cariustadz.id baru mencapai 293 anggota dan tersebar di wilayah Jabodetabek. Pilihan ustadz/ustadzah pun bermacam-macam. Ada yang sudah bergelar professor, kiyai, lulusan pesantren, bahkan yang muda atau fresh graduate tetapi punya kompetensi dan memenuhi kriteria pun ada.

Untuk pengguna, cariustadz.id tidak mematok biaya yang akan menggunakan jasa ustadz. Hal tersebut dikembalikan kepada pengguna. Sementara untuk ustadz yang mau mendaftar di cariustadz.id tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

“Ustadz yang ingin bergabung cukup daftar secara online, nanti ikuti saja petunjuk-petunjuknya,” kata Pengasuh Pesantren Nurul Quran ini.

Mengundang atau memesan ustadz pun sangat mudah. Pengguna dapat mengawali pencariannya dengan memilih kebutuhan. Maksud memilih kebutuhan adalah apakah kebutuhan tersebut untuk kajian keluarga, bimbingan kelompok, bimbingan perseorangan, khutbah jumat atau kegiatan peringatan Hari Besar.

Selanjutnya, memilih lokasi kegiatan dan filter pencarian ustadz atau ustadzah. Pengguna dapat melihat profil masing-masing ustadz yang diinginkan sebelum kemudian dipilih untuk diundang melalui kontak yang tersedia.

Pembinaan dan Pengembangan Anggota

Sebagai tahap awal, cariustadz.id akan membuat program pembinaan dan pengembangan terhadap anggota. Hal ini guna memperkuat pemahaman keagamaan dan menyamakan frekuensi diantara ustadz serta pengkaderan untuk ustadz muda untuk masa depan.

“Ke dalam kita ingin ada semacam pembinaan dan pengembangan anggota cari ustadz. Program ke luarnya kita ingin ada perluasan dan penambahan anggota cariustadz.id. Lalu dari cakupan wilayahnya, kita ingin mengembangkan skalanya bisa nasional bahkan internasional. Itu mimpi kami. Karena sejauh ini mayoritasnya masih di Jabodetabek,” jelasnya.

Selain itu, cariustadz.id juga akan menggelar kegiatan secara rutin dengan spesifikasi program tertentu. Misalnya jika ada kelompok ustad yang membutuhkan bimbingan masalah tertentu, nanti akan coba disiapkan.

“Termasuk kalau kemudian ada pengguna yang ingin meminta bimbingan tertentu, nanti kita komunikasikan dengan para ustadz yang dipilih,” ungkapnya.

Gandeng Ustadz Populer

Terkait belum adanya ustadz yang populer di media sosial, KH Ali Nurdin menjelaskan hal tersebut karena belum ada kedekatan atau silaturrahim saja. Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk mengajak dai-dai yang populer itu bergabung dengan cariustadz.id.

“Pertama mungkin karena persoalan kedekatan ya, soal silaturahim. Selama ini kan kita memanfaatkan jaringan dari teman-teman PSQ yang sudah 15 tahun. Sedangkan yang sudah terkenal itu, kita kan gak punya link, sehingga belum kita ajak. Tapi suatu saat nanti kalau memang ada kesempatan untuk menjalin silaturrahim dan bersedia bergabung, wah itu saya kira satu hal yang positif,” ujarnya.

Di sisi lain, jika ustadz sudah populer biasanya sudah memiliki manajemen masing-masing. Hal ini kemudian membutuhkan kesepahaman dan lainnya antar manajemen. “Maka kita belum mengarah ke sana. Kita mulai dari yang deket-deket dulu, yang kita kenal dulu, yang ngerti dulu lah kira-kira,” tutupnya. (jms)

 


Back to Top