Masjidpedia, Solusi Digital Makmurkan Masjid di Indonesia

gomuslim.co.id – Masjid merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari umat Islam. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid kini juga menjadi pusat kehidupan komunitas muslim. Ada banyak kegiatan yang bisa dijumpai di Masjid. Misalnya kajian, diskusi, belajar baca Alquran, perayaan hari besar Islam sampai kegiatan ekonomi.

Biasanya informasi mengenai kegiatan-kegiatan di masjid masih terbatas lewat jejaring sosial media atau grup-grup komunitas. Namun jangan khawatir, sekarang ada aplikasi khusus yang mewadahi itu semua. Namanya Masjidpedia.

Operasional Manager Masjidpedia, Tiko mengatakan bahwa aplikasi Masjidpedia adalah media informasi dan interaksi antara pengurus DKM Masjid, jama’ah Masjid dan umat Muslim pada umumnya yang semuanya akan bermuara kesatu titik, yaitu Masjid.

“Aplikasi ini menghimpun data dan informasi Masjid di seluruh Indonesia berdasarkan database dari Kementerian Agama. Target kita ada 130 ribu masjid nanti akan terdaftar di Masjidpedia. Namun sekarang baru terdaftar 1500 masjid di aplikasi ini,” ujarnya kepada gomuslim dalam perhelatan Mulim Life Fest 2019, Ahad (01/09).

Lewat aplikasi ini, masyarakat khususnya umat Islam akan mendapat banyak manfaat. Pertama bisa dapat update informasi kajian di seluruh masjid yang terdaftar. Kemudian ada fitur masjid terdekat. Jadi kalau lagi berpergian ke luar kota, atau daerah bisa menggunakan fitur ini. Nanti akan muncul lokasi masjid-masjid terdekat.

Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan tampilan Alquran digital, informasi komunitas muslim, buku-buku fikih. Ini semua dihadirkan sebagai solusi digital dalam menjawab kebutuhan umat Islam di era digital sekarang.

“Masjidpedia ini sebenarnya akan jadi induk dari aplikasi-aplikasi Islam lain seperti Rumasyo, Konsultasi Islam, dan Bekal Muslim. Nanti, semua aplikasi ini akan berinduk ke Masjidpedia. Dari situ, umat Islam juga bisa berkonsultasi dengan ustadz, dapat artikel-artikel dari Rumahsyo, dan layanan lainnya,” katanya.

Kebutuhan media digital informasi yang berkaitan dengan Masjid sebagai salah satu tonggak pengembangan kesejahteraan ummat dalam hal agama, ekonomi dan sosial, Insyaa Allah akan didapati di aplikasi Masjidpedia ini.

“Kami berharap aplikasi ini dapat menjadi solusi digital untuk dapat memakmurkan masjid, sekaligus meningkatkan rasa kepemilikan umat kepada masjid agar kita semua dapat berlomba dalam kebaikan,” ucapnya.

Berikut fitur-fitur di aplikasi Masjidpedia, yang dapat memberikan manfaat untuk menunjang kegiatan ibadah umat Muslim:

- Fitur Alquran dengan standard Kementerian Agama Republik Indonesia.

- Fitur hadits-hadits shahih

- Fitur untuk Pengurus Masjid:

- Fitur untuk Komunitas Kajian Muslim.

- Fitur Adzan sesuai dengan lokasi pengguna.

- Fitur Arah Kiblat berdasarkan lokasi pengguna

- Fitur jadwal Shalat dan Puasa.

- Fitur Dzikir.

- Fitur Kumpulan Doa.

- Fitur pencarian Masjid terdekat.

- Fitur kalender Hijriah.

- Fitur 99 nama Allah (Asmaul Husna).

- Fitur Donasi untuk amal.

- Fitur e-Commerce berbasis komunitas Masjid dan lainnya.

 

 


Back to Top