Bursa Muslim, Marketplace KPMI untuk Dorong Ekonomi Umat

gomuslim.co.id – Perkembangan industri marketplace di Tanah Air sangat pesat. Ada banyak marketplace yang bisa menjadi pilihan masyarakat dalam berbelanja secara online. Hal ini memudahkan proses jual beli antara si penjual yang ingin memasarkan produknya, dan memfasilitasi pembali yang sedang mencari produk.  

Jika biasanya kita mencari produk di marketplace-marketplace yang sudah tenar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, atau Bukalapak, kini ada juga loh marketplace milik umat yang menawarkan beragam produk dan jasa muslim. Namanya Bursa Muslim.

Bursa Muslim adalah e-commerce milik Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) yang didasari oleh kaidah-kaidah fiqih muamalah yang berdasarkan Alquran dan Hadis Shahih. Marketplace ini menghadirkan berbagai macam produk seperti pakaian, aksesoris, makanan dan minuman, herbal, peralatan ibadah, produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, kerajinan tangan termasuk jasa-jasa muslim.

Kepada gomuslim, Manajer Bursa Muslim, Didit mengatakan perbedaan mendasar dari Bursa Muslim dengan marketplace adalah dari sisi kepemilikian. Bursa Muslim milik umat atau komunitas yang non profit. Sedangkan marketplace lain, biasanya dimiliki oleh individu atau perusahaan (company).

“Jadi memang lebih ke arah sosial dan dakwah. Selama ini kita melihat banyak orang-orang yang sukses di bidang startup, tapi tidak terlalu banyak membantu umat muslim. Nah, Bursa Muslim ini milik umat, dimiliki KPMI, bukan dimiliki oleh individu,” ujarnya dalam acara Muslim Life Fest 2019.

Meski sebagian besar sahamnya adalah milik umat Islam yang diwakilkan oleh KPMI, namun sebagian besar keuntungan akan digunakan untuk kemaslahatan umat. Misalnya untuk membangun Masjid dan Pusat Pembelajaran Akidah dan Fiqih Muammalah di berbagai daerah di Indonesia, donasi untuk korban bencana alam, sedekah bagi mereka yang kurang mampu, dan lainnya.

Pembeda lainnya, Bursa Muslim juga memfokukan di jasa Muslim seperti jasa guru tahsin, guru bahasa arab, guru belajar mengaji, ahli bekam, aqiqah dan lainnya. “Jasa-jasa muslim ini sudah banyak kita temukan di sekitar kita. Tapi kadang-kadang kita kesulitan untuk mengetahui mana yang benar atau bukan. Nah, Bursa Muslim memfasilitasi itu,” katanya.

KPMI sendiri adalah komunitas yang tersebar di Indonesia dengan 33 cabang. Masing-masing cabang itu memiliki ustadz yang mendampingi. Dengan demikian, Bursa Muslim memiliki sistem yang bisa memverifikasi kualitas dari si penyedia jasa. “Kita pastikan bahwa memang penyedia jasa ini adalah orang yang layak direkomendasikan,” ungkapnya.

Adapun, untuk pedangan yang sudah tergabung dengan Bursa Muslim sendiri saat ini sudah mencapai hampir 1000 orang. “Kita berjalan memang baru setahun. Dan belum promosi terlalu banyak karena memang kita berjalan pelan-pelan. Tujuan kita bukan untuk mengalahkan ecommerce lain, tapi kita hanya memberikan alternatif bagi umat muslim yang ingin belanja di Bursa Muslim,” jelasnya.

 

Kelebihan Bursa Muslim

Ada beberapa kelebihan Bursa Muslim dibanding marketplace lain, di antaranya adalah:

1. Belanja Produk Halal

Barang-barang yang dijual oleh pedagang di Bursa Muslim haruslah barang yang halal. Bursa Muslim melakukan seleksi dan moderasi terhadap barang-barang yang diunggah oleh pedagang sebelum akhirnya diizinkan tampil di laman bursa barang atau bursa jasa.

2. Cari Jasa Spesifik Muslim

Satu layanan khas Bursa Muslim dan yang pertama di Indonesia adalah produk jasa yang disediakan khusus untuk kebutuhan ummat Islam. Mulai dari jual beli muamalah sesuai syariah, Thibbun Nabawi (pengobatan herbal), guru ngaji, belajar bahasa Arab, dan lain-lainnya, hingga aqiqah.

3. Berdagang Sesuai Syariat

Produk dan transaksi di Bursa Muslim insya`Allah telah sesuai syariat, yang diawasi oleh asatidz yang mumpuni di bidang fiqh muamalah.

4. Belajar Fiqh Muamalah

Bukan hanya tempat jual beli dan berdagang, Bursa Muslim juga mengajak dan memfasilitasi baik pedagang maupun pembeli untuk ambil bagian dalam mempelajari fiqh muamalah. Bursa Muslim adalah sebuah komunitas, masyarakat yang peduli dan ingin memperdalam ilmu fiqh muamalah dengan mempraktikkannya langsung.

5. Membangun Ukhuwah

Setiap muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, begitulah tiap-tiap individu yang berada bersama-sama di dalam Bursa Muslim. Di sini kita menjalin hubungan persaudaraan (ukhuwah Islamiyah) dalam bingkai kegiatan muamalah syariah yang riil.

6. Membantu Ekonomi Ummat

Dengan menjadi bagian dari Bursa Muslim, artinya kita telah bersama-sama membantu ekonomi sesama ummat Muslim

 

Saat ini, Bursa Muslim baru tersedia dalam layanan website. Dalam waktu dekat, pihak pengelola akan meluncurkan versi aplikasi mobilenya. “Aplikasi akan kita launching. Kita juga bisa bantu mereka-mereka yang mau mengupload produk. Kita siapkan tenaga CS yang bisa bantu produknya ke Bursa Muslim,” tutupnya.

Untuk penggunaan, di kolom bawah website Bursa Muslim tersedia panduan penggunaan untuk pedagang dan pembeli.

 

Link Website:

https://bursamuslim.com

Akun Media Sosial:

@BursaMuslimCom

@bursamuslimcom


Back to Top