#PanduanKurban

Sebelum Beli Sapi dan Kambing, Simak Tips Memilih Hewan Kurban

gomuslim.co.id – Tidak lama lagi umat Islam Indonesia akan merayakan hari raya Idul Adha. Pemerintah, melalui Kementerian Agama RI menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018 atau pada 10 Dzulhijjah 1439 H. Hari besar Islam tersebut diperingati sebagai bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. 

Pada hari raya Idul Adha biasanya umat Islam melakukan satu ibadah lainnya yang sangat khas, yakni pemotongan hewan kurban. Ibadah ini merupakan satu syariat yang tercetus pada masa Nabi Ibrahim As, ketika itu beliau diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putranya yaitu Ismail. 

Kisah yang terjadi pada masa sebelum kelahiran Nabi Muhammad itu pun menjadi cikal bakal ibadah atau syariat qurban yang dilakukan oleh ummat Islam sebagai bagian dari keimanan kepada Allah dan RasulNya sampai akhir zaman.  

Untuk menunaikan ibadah Kurban ini, hal yang perlu dicermati adalah bagaimana memilih hewan yang hendak dijadikan qurban tersebut memenuhi kriteria kesehatan ternak. Sehingga daging yang dihasilkan nantinya dapat dikonsumsi oleh orang yang berhak menerima secara sehat. Dan terhindar dari berbagai penyakit menular. 

drh. Dahlia Dhestinis, dokter hewan dari Pemerintah Kota Bekasi memberikan beberapa tips memilih hewan atau ternak yang sehat untuk disembelih sebagai hewan kurban. Karena hewan yang dipilih tersebut harus memenuhi dua syarat, sebagai ibadah dan sebagai pangan. 

 

Baca juga:

Kandang Qurban, Marketplace Penyedia Hewan Kurban Berkualitas Terbaik dari Peternak Lokal

 

Nah, sebagai pelaksanaan ibadah qurban, hewan yang terpilih adalah yang memenuhi kriteria syariat atau menurut petunjuk Rasulullah Saw atau pendapat ulama. Diantaranya adalah hewan yang sehat, gagah dan tidak terlalu tua atau muda. 

Untuk mendapatkan hewan ternak baik sapi kerbau, kuda, dan ataupun kambing, domba, biri-biri yang sehat harus tahu ciri-cirinya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dari bentuk eksterior (bagian luar) hewan atau ternak.


1. Badan atau Tubuh Hewan

Hewan yang sehat biasanya dari bentuk tubuh akan terlihat, biasanya tubuh hewan atau ternak memiliki berat badan yang proporsional dengan rangka badannya. 

Untuk memastikan berat badan ternak, Anda boleh meminta kepada pemilik ternak untuk dinaikkan timbangan hewan. Karena hewan ternak yang kurus mengindikasikan bahwa hewan tersebut tidak mendapatkan pakan yang cukup dan sehat atau bahkan tidak memiliki nafsu makan yang baik. 

Kemudian perhatikan juga bahwa daging tubuhnya terlihat padat. Jangan memilih hewan ternak yang perutnya sangat besar. Karena bisa saja hewan yang gemuk namun hanya perutnya saja yang nampak besar. Bisa jadi hewan tersebut sedang mengalami cacingan atau penyakit lainnya.

Pada bagian eksterior tubuh hewan nampak sangat gagah dan kuat. Kakinya besar dan bisa menobang tubuh dengan baik ketika hewan sedang berdiri:


2. Sorotan Mata

Ciri-ciri lainnya yang menandakan hewan atau ternak yang sehat adalah pada matanya. Perhatikan bagaimana sorotan matanya apakah bersinar, cerah atau matanya kurang bercahaya. 

Hindari memilih hewan dengan mata buta. Karena hal itu tidak memenuhi syarat hewan yang bisa dijadikan kurban. Namun pilihlah hewan ternak dengan matanya yang cerah, bersih dan nampak sorotan tajam. 


3.Bulu Tubuh

Kriteria berikutnya yang dapat dijadikan kriteria hewan atau ternak yang sehat yaitu dilihat dari bulu tubuhnya. 

Hewan yang bulunya kusam dan tidak bercahaya, menandakan hewan atau ternak tersebut tidak sehat. Karena bulu tubuh hewan yang sehat biasanya bulunya bersih berkilau dan tidak acak-acak, namun rata mengikuti bentuk tubuh.  Dan yang lebih penting bulunya tidak mudah rontok, akan tetapi bulunya kuat dan tidak ada kotoran yang melekat.


4. Tidak Cacat

Syarat hewan atau ternak yang sangat baik untuk dijadikan sebagai hewan qurban yaitu tidak memiliki cacat. Baik cacat bawaan maupun karena patah misalnya. 

Pilihlah sapi, kerbau, kuda maupun kambing atau domba yang secara fisiknya sempurna. Hindari sapi ataupun kerbau yang berkaki tiga misalnya. Perhatikan secara teliti seluruh yang terlihat dari fisik hewan. 


5. Tidak Memiliki Penyakit Menular

Mintalah surat hasil pemeriksaan hewan dari dokter hewan setempat jika Anda membeli hewan atau ternak di pasar hewan. Bahkan bisa juga Anda mendatangkan petugas sendiri ke tempat pemeliharaan hewan di mana Anda membelinya. 

Penyakit menular pada hewan sangat rentan untuk berpindah ke manusia. Misalnya penyakit rabies, penyakit SE, penyakit mulut dan kuku, dan berbagai jenis penyakit zoonosis lainnya. 


6. Pastikan Kepemilikan Hewan atau Ternak

Sebelum Anda membeli dan meskipun sudah memastikan hewan atau ternak tersebut sehat baik fisik maupun bebas dari penyakit menular. Tidak dianjurkan Anda langsung membeli dan membayar uang. 

Pastikan juga bagaimana asal muasal hewan atau ternak tersebut. Jangan sampai Anda membeli hewan atau ternak hasil kejahatan. Sekarang ini banyak pelaku pencurian hewan ternak yang bekerja secara berkelompok dan dengan jaringan sangat rapi. 

Hewan atau ternak yang diperoleh secara tidak halal akan mengakibatkan ibadah qurban Anda tidak halal. Padahal bukanlah kesalahan kita. Namun jika tidak teliti bisa saja kita membeli ternak dalam sengketa hukum atau hasil kriminal. 

Untuk itu tanyakan secara jelas dan terang benderang tentang kepemilikan hewan atau ternak tersebut. 


7. Usia Hewan atau Ternak

Dalam Islam, umur atau usia hewan atau ternak juga diatur. Hanya hewan yang sudah berumur 2-3 tahun yang layak untuk disembelih. Hendaknya hewan yang berusia tidak terlalu tua atau sangat mudah. Jika tidak ada dokumen yang menjelaskan tentang usia ternak, maka kita bisa melihatnya dengan memperhatikan gigi ternak itu sendiri. 

Demikian tips sederhana memilih hewan atau ternak yang dapat dijadikan sebagai qurban. Semoga ada manfaatnya. (hmz/gomuslim)

 

Sumber: hewansehat/solusihewan/kompasiana/cermati/dokterhewan/pemkotbekasi

 

 

Baca juga:

Jual Hewan Kurban Kualitas Terbaik, Ini Daftar Harga di Kandang Qurban

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top